Wisata Papandayan Dikelola Swasta, Sekda : Pemkab Garut Tidak dapat Manfaat dari PAD

PEMKAB, (GE).- Gonjang-ganjing kawasan wisata Gunung Papapandayan sejak ber-ticket mahal terus bergulir. Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Iman Alirahman mengatakan jika Pemerintah Daerah Kabupaten Garut tidak sedikitpun mendapatkan manfaat dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Gunung Papandayan yang dikelola swasta.

Bahkan Iman mengatakan, jika Bupati Garut, Rudy Gunawan sempat kecewa terhadap pengelola Gunung Papandayan (PT.AIL). Pasalnya, permasalahan di daerah dianggap selesai setelah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah pusat.

“Secara khusus, kontribusi tidak ada, paling kita hanya melihat pada multi varian effect nya bahwa setiap daerah yang menjadi destinasi wisata pemda melihat disana ada peluang yang bermanfaat bagi masyarakat. sektor transfortasi misalnya angkutan jadi bertambah, sektor ekonomi lain seperti pedagang misalnya juga terbuka. Nah pemasukan sendiri terhadap pemda dalam bentuk apapun tidak ada, karena PNBP itu masuknya ke kehutanan,” jelasya, Senin (15/8/ 2016).

Saat ditanya kemungkinan adanya pengelolaan menyeluruh dari pihak perusahaan dan tidak melibatkan masyarakat, ia mengatakan bahwa menyikapi hal tersebut Bupati sempat kecewa terhadap pihak pengelola. Dengan adanya kekecewaan tersebut ia mengatakan jika Bupati akan segera mengundang kembali pihak PT AIL.

“Pemanggilan dilakukan untuk kembali membicarakan supaya nanti akan ada penyesuaian, kan tidak boleh juga karena ini kewenangan pusat lantas dia menganggap habis begitu saja urusan di daerah.” tukasnya.

Dikatakannya, potensi yang ada di daerah seharusnya bisa memberikan manfaat kepada daerah, bukan hanya kepada masyarakat sekitar saja dan pengelolanya. Bentuk manfaat sendiri menurutnya bisa berbentuk adanya bagi hasil dengan pemerintah daerah sehingga kemudian hal tersebut dianggap ideal.

“Harapannya semestinya potensi yang ada di daerah itu memberikan manfaat kepada daerah bukan hanya kepada masyarakat tapi kepada daerah pemerintah daerah. Ya apakah nanti bentuknya ada bagi hasil atau apa, nah idealnya kan begitu,” ungkapnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN