Wilayah Haruman Akan Jadi Kawasan Industri, Warga Ramai-ramai Urus Legalitas Tanahnya

LELES, (GE). Ratusan warga Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut berbondong-bondong mendatangi Aula Desa Haruman. Kedatangan ratusan warga ini terkait legailtas kepemilikan tanah resmi mereka. Untuk mengetahui kejeleasan legalitas tanah warga ini panitia bersama pihak pemerintahan Desa Haruman, Sabtu (30/1/2016)

Menurut Rusli, yang merupakan ketua panitia penyelesain tanah tersebut. Gelaran acara ini merupakan tindak lanjut  program pada tahun 2005 silam dengan agenda serupa. “Alhamdulilah waktu itu kurang lebih 200 Kepala Keluarga (KK) telah menyelesaikan legalitas kepemilikan tanah  secara resmi. Mungkin ada beberapa KK yang belum menyelesaikanya. Jadi sosialisasi kembali kami adakan,” ungkapnya.

Wakta sekitar tampak antusias untuk mengurus tanah miliknya sehingga legalitasnya benar-benar terjamin. Terlebih kawasan Desa Haruman ini ke depannya direncanakan akan menjadi salah satu daerah sentra  industri, perniagaan hingga pertambangan.

“Supaya menarik investor masuk ke Desa Haruman, ya salah satu instruken pentingya adalah kejelasan legalitas tanahnya. Maka di awal  tahun 2016 kami beserta ketua RW,aparat desa dan tokoh masyarakat  membentuk panitia penyelesaian legalitas tanah.” Jelasnya.

Dikatakannya, dalam tahap ke dua beberapa tanah milik warga Desa Haruman akan segera diselesaikan legalitas kepemilikannya dengan dibuatkan Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Ya, dalam tahap ke dua ini, kita akan selesaikan beberapa tanah warga dengan dibuatkan SHM-nya, diantaranya nomor : 152,187,188,189 dan 177 yang status tanahnya berlokasi  di Desa Haruman, Kecamatan Leles,” kata Rusli.

Sementara itu, beberapa warga setempat berharap agar tanah mereka dihargai secara layak. Jangan sampai harga yang berlokasi di pinggir jalan disamaratakan dengan tanah yang berada di dalam. “Kami berharap juga, untuk membuat legaitas tanah (AJB) ini jangan terlalu mahal,apa lagi warga di sini banyak yang ekonominya rendah,” Tutur Idin warga setempat.

Secara umum acara yang dihadriri Muspika setempat dan digelar di Aula Desa Haruman ini berjalan cukup kondusif. Namun demikian pada sesi tanya jawab antara warga dan pemateri sempat sedikit memanas. (Nuroni )***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN