Wereng Serang Lahan Petani, Ratusan Hektare Tanaman Padi di 5 Desa Gagal Panen

LELES,(GE).- Ratusan hektare sawah milik petani di kawasan Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat gagal panen. Kegagalan para petani ini merupakan dampak dari serangan hama wereng coklat yang begitu masif menjelang masa panen padi. Akibat serangan hama wereng ini, para petani harus gigit jari karena menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Serbuan Hama Wereng Coklat ini tercatat melanda ratusan hektare lahan tanaman padi milik petani yang terdapat di 5 desa yang masuk teritorial Kecamatan Leles. Dari 5 Desa, lahan tanaman padi yang paling parah terdampak hama ini diantaranya lahan sawah di Kampung Kandang, Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles.

Mendapati lahan pertaniannya mati kering kerontang akibat diserang hama wereng, sejumlah petani di kawasan ini tampak tidak bisa berbuat banyak dan hamya bisa pasrah saja. Eno Mahmudin adalah salah seorang petani di kawasan Leles begitu terpukul menyaksikan tanaman kesayanganya harus mati seketika.

“Yah, harus bagaimana lagi.. Berbagai macam upaya telah dilakukan diantaranya melakukan penyemprotan secara rutin. Namun tak berhasil, mungkin karena jumlah hamanya yang terlalu banyak,” keluhnya. Kamis (07/01/2016).

Sementara itu, Encep Jaenudin yang merupakan Ketua Kelompok Tani di Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles berharap pemerintah turun tangan mengatasi persoalan petani ini.
“Atas nama petani di Desa Kandangmukti, saya berharap petani bisa turun tangan membantu mengatasi persoalan hama wereng ini,” harapnya. (Idrus Andriawan)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN