Warga Menyayangkan Susutnya Sebagian Lahan Situ Cangkuang

LELES, (GE).- Sebagian masyarakat sekitar kawasan wisata Cangkuang menyayangkan terjadinya penyusutan Situ Cangkuang. Alasan warga menyayangkan dengan terjadinya penyusutan ini akibat dari terlantarnya lahan sehingga menjadi tidak produktif.

Ketua Karang Taruna, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Dadang Rahmat, menyebutkan penyusutan kawasan Situ Cangkuang ini sangat disayangkan, pasalnya sebagian areal situ yang kini menjadi daratan menjadi tidak produktif.

“Padahal sebelumnya sebagian kawasan situ yang kini berubah jadi daratan tersebut merupakan lahan pesawahan warga yang lahannya disewa dari desa.” Ungkap Dadang.

Diungkapkannya, sebelumnya warga Kampung Tarisi telah mengusulkan ke Pemkab Garut agar lahan daratan yang kini tidak produktif tersebut diberdayakan kembali menjadi lahan sawah.

“Katanya akan diberdayakan, namun hingga kini tidak ada jawaban dari Pemkab Garut atas usulan warga tersebut.” Tukasnya.

Sementara itu, saat ini lahan yang bisa dimanfaatkan warga setempat adalah anak Situ Cangkuang dengan ditanami bibit ikan yang dikelola oleh Karang Taruna setempat, sebagai pengganti lahan sawah yangg kini sudah tidak produktif lagi.

“Rencananya Situ Cangkuang tersebut akan dijadikan tambak ikan yang bisa menghasilkan dan menambah penghasilan masyarakat sekitar.” Tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN