Warga Desa Cimahi Sumringah, 20 KK Terima Program Rutilahu dari Kemensos

GARUT, (GE).- Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) di Desa Cimahi, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum lama ini mendapatkan program bantuan renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) dari Kementerian Sosial RI.

Saat program ini mulai direalisasikan, warga di wilayah tersebut tampak sumringah. Mereka menyamutnya secara antusias. Beberapa warga penerima bantuan berharap, program rutilahu ini bisa berjalan sesuai ketentuan.

“Tentu, kami bersyukur dengan adanya program ini. Semoga bisa berjalan normal, sesuai juklak juknis. Dan tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tutur salah seorang warga setempat. Rabu (8/3/2017).


Sementara itu, Kepala Desa Cimahi, Kecamatan Caringin, Yadi Rustiadi, Amd.Kep, mengatakan, sumber anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan program rutilahu tersebut berasal dari bantuan Kementrian Sosial (Kemensos). Rinciannya, dana sebesar Rp 300  juta digunakan untuk merehabilitasi sebanyak 20 unit rumah (Rp 15 juta/unit).

Alhamdulillah, saat ini pelaksanaannya sudah dimulai. Sebanyak 20 unit rumah tersebut tersebar di tiap RT. Dengan direalisasikannya bantuan rutilahu tersebut, saya atas nama  Pemdes dan warga Cimahi, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah, khususnya Kemensos, Pemkab Garut dan semua pihak yang telah membantu lancarnya program ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, meski program bantuan ini belum bisa menyentuh semua warga yang membutuhkan, pihak Desa Cimahi tetap bersyukur dan berharap pada program selanjutnya bisa terealisasikan semuanya.

“Kami tetap akan berupaya mengajukan untuk bantuan selanjutnya. Insya Allah, program rutilahu ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di desa kami. Sebab masih banyak warga masyarakat yang membutuhkan bantuan.  Terus terang, dengan program ini sangat menunjang dan sangat dibutuhkan oleh rumah tangga miskin,” ungkapnya.

Salah seorang penerima manfaat rutilahu, Adad (50), mengaku bersyukur mendapat bantuan rehabilitasi rumah melalui program rutilahu ini. Ia juga berharap, warga miskin lainnya segera mendapat bantuan yang sama.
.
“Ya, tentunya kami sangat bergembira dan bersyukur dengan adanya program ini (rutulkahu/red). Mudah-mudahan dapat berjalan lancar. Terima kasih saya ucapkan untuk pemerintah, Pak Kades khususnya yang telah berupaya memperlancar program ini,” tuturnya. (Deni/Siti)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI