Wagub Jabar : Mentan Telah Instruksikan Garut jadi Sentra Bibit Domba Unggulan

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mizwar, saat melakukan kunjungannya ke Festival Ternak di Garut, Rabu (19/7/17)/ Foto: Andri/GE.

GARUT, (GE).- Dalam kunjungannya ke Kabupaten Garut kali ini, Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mizwar yang kerap disapa Demiz mengajak warga untuk membiasakan menkonsumsi daging domba. Alasan Wagub ini salah satunya untuk mengurangi ketergantungan konsumsi daging sapi yang dianggap mahal.

“Makan daging kambing itu sunah rasul, dan daging kambing itu terbaik di dunia. Sementara kualitas daging sapi itu nomor tiga,” katanya, saat kunjungannya ke acara festival ternak rakyat Garut, Rabu (19/07/17).

Menurutnya, pengembangan budidaya sapi dinilai membutuhkan dana yang tidak sedikit. Disamping itu, perlu koordinasi lintas sektoral agar pengembangan daging sapi di Jawa Barat lebih optimal. “Hingga kini kebutuhan daging di Jabar baru bisa ditutupi sekitar 38 persen, sisanya ya impor,” tandasnya.


Dikatakannya, sebagai lumbung ternak domba dan kambing, ia mengajak masyarakat Garut untuk mulai membiasakan diri membiasakan konsumsi daging kambing dan domba, sehingga ketergantungan akan konsumsi daging sapi berkurang.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan, menyebut, tingginya animo peternak masyarakat Garut untuk mengembangkan ternak domba menjadi salah satu modal untuk menjadikan Garut sebagai sentra domba dan kambing terbaik.

“Ya, Mentan sudah mengintruksikan bahwa Garut menjadi sentra bibit domba unggulan di Indonesia, wilayahnya kami pilih di kecamatan Leles,” jelasnya. (Andri)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI