Wagub Jabar Canangkan Hari Menanam Pohon di Bendung Copong

BANYURESMI,(GE).- Sebagai upaya akan kelestarian lingkungan harus diwujudkan dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari hari. Dinyatakan dengan rasa cinta terhadap kelsestarian lingkungan sebagai bagian hidup dan kebutuhan setiap warga negara, khususnya di Jawa Barat.

Demikian diungkapkan, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, saat kunjungannya ke Bendung Copong di Kawasan Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Rabu (25/ 11/ 2015).

“Penanaman pohon ini sangat penting, diantaranya untuk pengendalian lahan kritis serta untuk mendukung pencegahan dampak perubahan iklim global.” Tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Bendung Copong ini, Wagub yang didampingi Bupati Garut, H.Rudy Gunawan juga secara resmi menggelar Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMN) Tingkat Provinsi Jawa Barat 2015.

Deddy Mizwar menyebutkan, gerakan menanam pohon ini merupakan kebijakan strategis pemerintah yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) No.22 tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat. Kemudian Perda No. 7 tahun 2005 tentang Pengendalian dan Rehabilitasi Kritis, Perda No. 1 tahun 2013 tentang Pedoman Pelestarian dan Pengendalian Pemanfaatan Kawasan Lindung, serta Perda No. No. 20 tahun 2014 tentang pengelolaan DAS.

“Perda perda ini, merupakan landasan strategis dalam rangka pengendalian lahar kritis, serta untuk meletakan dasar pembangunan yang berkelanjutan, khususnya di Jawa Barat,” beber, Wagub.

Peringatan Hari Menanam Pohon tahun ini (2015) diberi tajuk “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup yang Lebih Baik.” Prosesi peringatanHari Menanam Pohon ini secara simbolik dintadai dengan penyerahan sejumlah jenis pohon kepada beberapa pihak yang pada saat itu memenuhi areal Bendung Copong, pohon-pohon yang siap tanam tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar dan Bupati Garut.

Dalam kesempatan ini juga, Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar memberikan penghargaan Kepada Pemenang Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diberikan kepada nominator untuk katagori kinerja Bupati dan Walikota.

Untuk kataogori kinerja bupati, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP., Dinobatkan meraih peringkat ke 1, disusul Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin sebagai peringkat ke 2, sementara Bupati Cianjur, Drs.H. Tjetjep Muchtar Soleh,MM., menempati urutan ke 3.

Dijumpai di tempat acara, Kepala Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Iwan Ridwan, berharap, Bendung Copong ini bisa dikelola secara maksimal oleh pemerintah, sehingga bisa menambah devisa bagi pemerintah dan kemakmuran warga sekitar.

“Bendung Copong ini, saya kira merupakan potensi yang luar biasa. Selain akan memenuhi kebutuhan irigasi pengairan di beberapa wilayah, potensi wisatanya pun sangat menjanjikan. Untuk itu, saya harap pihak-pihak terkait, seperti Disbudpar harus bisa melakukan langkah-langkah strategis yang optimal, sehingga Bendung Copong ini bisa bermanfaat bagi khalayak.” Ungkapnya. (Tim GE)***