Verifikasi Calon Independen Dilakukan Akhir November, Berikut Tahapan Pilkada 2018 Selengkapnya

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi

GARUT, (GE).- Tahapan Pilkada 2018 telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut. Saat ini KPU sedang mempersiapkan berbagai instrumen Pilkada termasuk pembentukan adhosck Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, mengatakan KPU Kabupaten Garut mulai mempersiapkan tahapan Pilkada 2018. Pada bulan September, KPU mulai melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.

Selain mulai menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada, kata Hilwan, pihaknya juga mempersipakan pembentukan adhock Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Menurutnya, PPK dan PPS dibentuk pada bulan Oktober. Setelah itu mulai menyiapkan daftar pemilih.


Hilwan menambahkan, pada akhir November 2017 pihaknya mulai menerima verifikasi untuk calon independen. Setiap calon independen diharuskan mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 6,5 persen.

“Masih menunggu putusan MK untuk basis datanya (dukungan KTP) apakah dari jumlah penduduk atau dari daftar pemilih,” ujar Hilwan di Kantor KPU Garut, Selasa (1/8/17).

Usai diverifikasi, calon independen akan melakukan pendaftaran berbarengan dengan calon dari partai. Pendaftaran calon bupati dan wakil bupati akan dimulai pada 8 sampai 10 Januari 2018.

“Untuk penetapan calon pada 12 Februari dan tanggal 13 Februari pengundian nomor urut calon,” katanya.

Masa kampaye dilakukan setelah pengundian nomor urut hingga tiga hari sebelum masa pencoblosan atau sekitar empat bulan. KPU Garut memprediksi jumlah calon yang akan mendaftar maksimal sebanyak sembilan pasang. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI