Usai Terima Dana Purna Bakti, Kades Ibro Tutup Usia

KARANGPAWITAN,(GE).- Bagi para penyelenggara pemerintahan desa di tingkat Kabupaten Garut, Karangpawitan pada khususnya, nama Aep Saepudin, S.Ag atau lebih karib disapa Kades Ibro, sudah tak asing lagi. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kades Situsari, Kecamatan Karangpawitan periode 2008-2014. Sukses memimpin dengan apik selama 6 tahun, Kades ibro tercatat sebagai salah satu penerima penerima penghargaan apresiasi Purnabakti bersama 96 mantan Kades berkinerja baik lainya.

Anggaran dana Purnabakti ini diberikan pemerintah melalui slot Alokasi Dana Desa (ADD) 40% tahap pertama, awal Mei tahun ini (2016) sebesar Rp 2.500.000 per mantan Kades.

Namun, dedikasi sang mantan kades kini tinggal kenangan bersama ‘ ragam kisah’ tentang sosoknya yang dikenal loyal, penuh semangat dan pandai bergurau. Ia menghembuskan napas terakhirnya di usianya yang ke 61 tahun, Rabu (18/05/2016), sekira pukul 16.00.WIB di kediamanya Kanpung Bojot, Desa Situsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Suasana duka yang mendalam tampak begitu dirasakan oleh keluarga, kerabat serta rekan Alhamrhum semasa hidup. Terlebih bagi Pemerintahan Desa Situsari. Beberapa hari sebelum meninggal, seluruh staf dan Kades Situsari yang saat ini dipimpin Santi Cahyanti, sempat melayat sang mantan kades yang tengah terbaring sakit.

Pada saat layatan tersebut, suasana haru sempat membuncah saat almarhum dengan terbata-bata memohon maaf kepada seluruh pelayat yang hadir. Termasuk Kades Santi yang waktu itu terlibat percakapan langsung sambil menyuapi Almarhum dengan penuh kasih dan doa.

Pada kesempatan itu, Kades Santipun secara langsung menyerahkan dana Purnabakti sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap mantan kades berdedikasi tinggi.

“Teriring doa dari kita pihak pemerintah desa Situsari. Semoga Almarhum mendapat tempat terbaik disisi-NYA. Ya, beberapa hari sebelum Almarhum tutup usia, kita sempat melayat bersama seluruh staf di sini. Kita semua sangat merasa kehilangan mengingat kesuksesannya memimpin Desa Situsari satu periode kemarin. Selamat jalan pak lurah. Totalitas dan pengabdianya akan selalu kami kenang,” ungkap kades Santi, lirih. (Doni Melody)***