Usai Bertugas di Papua, Ratusan Prajurit Yon 303 Disambut di Gedung Pendopo

PENDOPO, (GE).- Ratusan prajurit Kostrad (Komando Stategis Angkatan Darat) dari Batalyon (Yon) 303 SSM mendapatkan sambutan spesial di Gedung Pendopo. Jumat (11/12/2015). Rombongan prajurit yang telah menunaikan tugas selama hampi 1 tahun di tanah Papua ini disambut secara resmi oleh Komandan Bataliyon (Danyon) 303 SSM, Letkol Infanteri Iwan Setiawan didampingi Komandan Korem (Danrem) 062 Tarumanagara, Kolonel Inf. Sudarmadi, S. Sos., serta Komandan Kodim (Dandim) 0611, Letkol Inf. Zaiful Rakhman, SH. Selain para perwira TNI AD, saat prosesi penyambutan juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) H. Iman Ali Rahman, beserta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Garut.

Sejak tahun 2014 lalu, sedikitnya 500 personil Kostrad dari Yon 303 yang bermarkas di Cibuluh, Cikajang ini diberangkatkan untuk sebuah misi pengamanan di 3 Kabupaten sekitar Provinsi Papua yang diindikasikan rawan koflik, baik konflik antar suku antar budaya maupun antar agama.

Danyon 303 mengatakan, bahwa anggotanya telah menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Sejumlah tantangan telah dihadapi para prajurit saptamarga ini, mulai dari iklim, budaya dan sejumlah tantangan lainnya.

Dikatakannya, dari 500 personel yang dikirimkan, yang kembali dengan kondisi sehat ada 492 personil, sementara sisanya yang 8 orang dinyatakan sakit, dan seorang prajurit gugur dalam tugas.

“Ya, anggota kita bertugas disana sekitar 11 bulan, dengan misi pengamanan yang meliputi 4 Kabupaten. Apresiasi pemerintah daerah di sana (Papua/red) cukup positif. Karena memang kita membantu kesulitan masyarakat. Selain misi pengamanan, di sana juga kita mengadakan program pendidikan, kesehatan dan membantu perekonomian di beberapa daerah terpencil.” Tegasnya. (Idrus Andriawan)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN