Urang Sunda Berhasil Pecahkan Rumus Matematika Tersulit di Dunia

URANG Sunda yang kerap diidentikan dengan “Si Kabayan” ternyata tak sedikit yang jenius, dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Baru-baru ini, putra “pituin” Sunda, tepatnya asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat bernama Yogi Ahmad Erlangga membuktikan, bahwa orang Sunda juga jenius. Baru-baru ini pria berjanggut ini berhasil memecahkanPersamaan Helmholtz’, yaitu rumus matematika tersulit di dunia.

Dikabarkan, banyak ahli dan pakar dunia yang menghindari persamaan ini, karena memiliki kerumitan yang sangat tinggi. Selama 30 tahun terakhir, tak ada yang berhasil memecahkan persamaan matematika Helmholtz ini. Namun, Yogi yang bukan ahli matematika, malah berhasil memecahkannya.

Yogi yang diketahui mengenyam pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi terkemuka kota Bandung yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar ‘cum laude‘ hingga S2 di sana. kemudian, Yogi melanjutkan strata 3 (S3) di Deft University of Thechnology (DUT), Belanda.

Awalnya, Yogi ditantang perusahaan minyak Shell dan Universitas Teknologi Delft, Belanda untuk memecahkan rumus Helmoltz tersebut. Pasalnya, selama Shell harus menggunakan rumus Helmholtz berkali-kali dan terpaksa mengeluarkan yang besar. Persamaan Helmholtz sendiri memang sering dipakai untuk mencari titik lokasi minyak bumi.

Tantangan itu diterima dengan semua dana riset sekitar Rp 6 miliar di tanggung oleh Shell. Dengan pemecahan persamaan Helmholtz ini, dapat mempercepat upaya pencarian minyak 100 kali lebih cepat. Lebih hemat hingga 60 persen. Luar Biasa! (sooperboy/ge)***