Untuk Mencegah Penyebaran Bakteri/Virus, Korem 062/Tn Gelar Cuci Tangan Massal

DANREM 062/Tn, Kolonel Inf. Joko Hadi Susilo, S.Ip, saat mengikuti sosialisasi cuci tangan secara massal di Lapangan Makorem 062/Tn, Jumat (17/3/17). (Penrem 062/Tn)***

GARUT, (GE).- Korem 062/Tn bekerja sama dengan Rumah Sakit TK IV 03.07.04 Guntur, Garut, Jawa Barat,  menggelar sosialisasi cuci tangan secara massal, Jumat (17/3/17). Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Makorem 062/Tn di Jalan Bratayudha, setelah upacara bendera yang dipimpin langsung Danrem 062/Tn, Kolonel Inf. Joko Hadi Susilo, S.Ip.

Kegiatan cuci tangan massal yang diikuti anggota jajaran Korem 062/Tn tersebut, dimaksudkan untuk menjaga kebersihan tangan dalam pencegahan pengendalian infeksi (PPI).

Pada kesempatan tersebut, Karumkit TK IV Guntur Garut, Mayor Ckm. dr. Donny Equarianto, Sp.An, M.Kes, beserta tim perawat melaksanakan sosialisasi pentingnya kebersihan tangan dalam mencegah penyebaran bakteri/virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Di antaranya untuk mencegah diare atau penyakit lainnya.


“Prosedur tindakan membersihkan tangan, bisa menggunakan sabun/antiseptik atau menggunakan cairan berbasis alkohol,” terang dr. Donny.

Lebih jauh, dr. Donny menjelaskan enam langkah dalam menjaga kebersihan tangan. Pertama, gosok kedua telapak tangan. Kemudian gosok punggung tangan dan sela-sela jari bagian luar dengan berlawanan arah secara bergantian. Lalu gosok sela-sela jari bagian dalam bergantian. Setelah itu, gosok punggung jari dengan gerakan setengah memutar bolak-balik. “Langkah kelima, gosok ibu jari dan sela jari telunjuk dan ibu jari bagian bawah dengan gerakan melingkar bergantian. Dan terakhir, bersihkan ujung jari dengan menggosokan ketelapak tangan secara melingkar,” jelasnya. (Penrem 062/Tn)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI