Uniga Persiapkan Alumninya untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP

GARUT, (GE).- Dalam menyiapkan calon pemimpin dan profesional di masa depan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Menteri Keuangan, gencar melakukan berbagai sosialisasi di beberapa daerah, termasuk di Universitas Garut. Senin, (19/12/2016) .

Kegiatan yang diikuti oleh elemen mahasiswa dan dosen tersebut membahas tentang persiapan-persiapan yang harus ditempuh dalam mendapatkan beasiswa pendidikan oleh LPDP.

LPDP membuka beberapa program dalam menciptakan calon pemimpin masa depan diantaranya Program Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran, dan Presidential Scholarship.


Direktur LPDP Eko Prasetyo mengatakan, LPDP berfokus kepada mengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia.

“Nantinya bagi calon peserta beasiswa LPDP, diharapkan bisa mengambil program studi yang diperlukan atau luas pengaruhnya bagi kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.” Ungkapnya

Sementara itu Rektor Uniga Rektor Uniga Dr. Ir. H, Abdussy Syakur Amin M.Eng, menyambut baik program yang sudah mencetak 1600 alumni tersebut.

“Saat ini ada lima orang alumni kami yang mendapat beasiswa LPDP, di berbagai perguruan tinggi negeri diseluruh Indonesia dan di luar negeri,” jelasnya.

Lebih jauh Syakur menjelaskan bahwa Universitas Garut sangat menyambut baik program tersebut. Uniga saat ini sedang menmpersiapkan agar alumninya bisa mendapat kesempatan meraih beasiswa LPDP, termasuk mempersiapkan lab khusus Bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam menguasai bahasa asing.

Akbar Nikmatullah Dahlan, alumni peraih beasiswa LPDP di Birmingham Inggris mengatakan, kesempatan sangat terbuka bagi sarjana yang telah lulus strata satu (S1) terutama untuk beasiswa ke luar negeri, karena para peserta LPDP lebih banyak tersebar di Universitas dalam negeri.

“Mereka (LPDP) menilai cukup komprehesif, tidak hanya melihat dari besarnya IPK saja, tapi ada sisi lain yang mereka nilai, seperti pelayanan kita terhadap masyarakat, aktif dalam organisasi dan soft skill lainnya” Ungkap laki-laki berdarah Garut tersebut.

LPDP ditetapkan sebagai organisasi dan sebuah lembaga oleh Menteri Keuangan melalui Pelaturan Menteri Keuangan (PMK), Nomor 252/PMK.01/2011 tanggal 28 Desember 2011.

Melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012, LPDP ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badana Layanan Umum. (Sidqi Al Ghifari)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI