Uji Kompetensi Wartawan Jadi Prioritas Program Kerja Ketua PWI Garut Periode 2018-2021

GARUT, (GE).- Persaruan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Garut, hari ini menggelar konferensi untuk memilih ketua baru. Kegiatan dibuka oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan dihadiri unsur Forkopimda dan pengurus PWI Jawa Barat.

Mewakili Ketua PWI Jawa Barat, Wawan Juarna mengatakan, konferensi pers menjadi agenda rutin kepengurusan PWI di semua tingkatan. Konferensi ini juga merupakan amanat AD ART organisasi yang mana di dalamnya ada pemilihan ketua baru untuk periode 2018-2021.

“PWI Jabar memberikan tugas untuk Pengurus PWI Garut agar bisa menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara mandiri. UKW dibutuhkan agar kapasitas wartawan semakin meningkat. Sehingga produk yang dihasilkan berupa berita dapat dipertanggungjawabkan sesuai kode etik jurnalistik,” kata pengurus PWI Jawa Barat, Wawan Juarna, Rabu (25/7/18).


Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan yang berkesempatan membuka acara konferensi mengingatkan tugas mulia wartawan agar memberitakan realita peristiwa dan fakta. Ia pun mengaku eksistensi wartawan sangat dibutuhkan untuk kemajuan daerah.

“Saya sangat merasakan bagaimana peran pers ini sangat penting. Pasalnya maju mundurnya suatu daerah sangat dipengaruhi oleh eksistensi wartawan,” ucapnya.

Rudy mencontohkan, saat terjadi banjir bandang menimpa Garut, bantuan terus berdatangan. Hal itu tak lepas dari peran pers yang memberitakan peristiwa banjir secara masif.

Oleh sebab itu, Rudy berjanji akan membantu peran pers di Garut agar lebih profesional. Bahkan ia pun akan memperhatikan kesejahteraan dan kesinambungan media lokal.

“Nanti saya akan biayai kegiatan UKW di Garut. Selain itu, nanti iklan pariwara tidak akan di media nasional saja. Media lokal pun akan kebagian,” janjinya.

Sementara itu, Ketua PWI Garut yang ditetapkan secara aklamasi, Ari Maulana Karang, menegaskan akan terus menjalin persatuan antar anggota dan pengurus PWI Garut. Menurutnya, semua anggota dan pengurus harus bersatu turut menyukseskan visi dan misinya dalam periode kepengurusan PWI Garut periode 2018-2021.

Ari pun berjanji akan berusaha untuk menunaikan program UKW yang diselenggarakan secara mandiri. UKW dibutuhkan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap profesi jurnalistik.

“Program pertama saya menyelenggarakan UKW di Garut. Program itu sangat mendesak dilakukan untuk memproteksi tugas dan fungsi wartawan yang profesional,” pungkasnya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI