Turunkan Tensi Politik, Kapolres Undang Kontestan Pilkada Garut 2018

PERWAKILAN Kontestan Pilkada Garut 2018 berfoto bersama Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, serta Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, di sela acara silaturahmi di RM Lasminingrat, Jumat (13/4/18) malam. (Foto : Farhan SN/GE)***

GARUT, (GE).- Suhu politik menjelang gelaran Pilkada Garut 27 Juni 2018 semakin meningkat. Meski tidak sampai menimbulkan kegaduhan, gesekan-gesekan antarpendukung paslon sempat terjadi.

Menyikapi hal itu, Kapolres Garut pun melakukan silaturahmi dengan seluruh pasangan calon peserta Pilkada Garut 2018, di RM Lasminingrat, Jumat (13/4/18) malam. Tampak hadir dalam acara tesebut Dandim 6011 Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, perwakilan Denpom III/2 Garut, dan tamu undangang lainnya.

Kontestan Pilkada yang hadir dari Paslon nomor urut 1 diwakili dr. Helmi Budiman selaku calon wakil bupati. Paslon nomor 3 diwakili Suryana (calon bupati), dan Paslon nomor 4 diwakili Agus Hamdani (calon bupati). Hanya Paslon nomor urut 2 yang hadir lengkap, Iman Alirahman (calon bupati) dan Dedi Hasan (calon wakil bupati).


Calon bupati petahana, Rudi Gunawan, tidak tampak hadir dalam pertemuan tersebut. Begitu juga Wiwin (calon wakil bupati nomor 3) dan Aditya (calon wakil bupati nomor 4). Belum diketahui alasan ketidak hadiran mereka memenuhi undangan Kapolres tersebut.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, mengatakan, pertemuan tersebut merupakan upaya untuk menjaga suasana kondusifitas Kabupaten Garut.

“Program ini sebenarnya sudah digaung-gaungkan sejak lama oleh institusi kami. Kemarin juga, sebelumnya, diadakan di Bandung. Kita fikskan lagi di masing-masing wilayah. Di Garut, alhamdulillah bisa terlaksana hari ini dengan lancar,” terang Kapolres, kepada wartawan di sela acara.

“Ya, intinya silaturahmi lah. Kita lupakan sejenak untuk suasana pilkadanya. Supaya, apa yang menjadi kegiatan tersebut kita tetap junjung tinggi sportifitasnya. Dan walaupun kepala boleh panas, hati tetap dingin,” tamba Budi.

Karena itu, Budi mengimbau kepada semua pihak agar sama-sama bijak dan lebih dewasa dalam menyikapi momen Pilkada. Sebab, pada intinya masyarakat membutuhkan ketenangan dan kenyamanan.

“Pesta ini pesta demokrasi rakyat. Kita junjung tinggi tuh pesta demokrasi. Pada waktunya nanti, kita lihat siapa yang jadi. Ya, itu yang harus jadi panutan. Semoga amanah untuk rakyat,” harap Budi.

Kapolres menilai, riak-riak kecil yang selama ini mewarnai jalannya proses Pilkada masih dalam tahap yang wajar. Namun begitu, pihaknya tetap melakukan langkah atisifasi agar persoalannya tidak berkembang.

“Nah ini hal-hal kecil, riak-riak kecil seperti ini, kita antisifasi. Ya, pentolannya dalam hal ini paslon harus bisa meredam pengikut-pengikutnya dalam hal ini tim sukses tim suksesnya, atau mungkin dari kelompok-kelompok partainya,” terang Kapolres.

Lebih jauh, Kapolres berharap, ajang silaturahmi paslon yang digagasnya bisa membuka hati semua pihak. Juga menanamkan pengertian, bahwa Pilkada ini merupakan agenda politik yang harus dilaksanakan.

“Agenda pilkada pasti berjalan, dan syariatnya harus seperti ini. Walaupun pasti ada yang jadi satu orang, rangkaian tadi harus diterima oleh semuanya,” tandasnya.

Menurut Budi, semua potensi gangguan keamanan harus diwaspadai. Seperti riak-riak di medsos, atau yang selalu menjadi trending hots nesw setiap gelaran pilkada, kaitan dengan money politics.

“Ya, intinya kita juga selaku aparat keamanan mengimbau, ikuti aturan yang ada saja. Tidak usah terlalu euforia. Optimis boleh, tapi jangan terlalu berlebihan,” imbuhnya.

Berkaitan dengan penanganan laporan pasangan Ihsan, Kapolres menyebut pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (gakumdu). “Sra ini belum ada informasi yang pastinya, apakah dilanjut atau tidaknya.

Apakah tersangka pelaku ujaran kebencian akan dipanggil. Nanti sinergitas gakumdu yang akan bekerja. Yang jelas, proses sudah berjalan. Kalau mungkin bisa kita limpahkan ke kejaksaan, kita limpahkan ke kejaksaan,” pungkas Kapolres. (MHI/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI