Tujuh Hari Pendaftaran Pileg Dibuka, Di Garut Baru Satu Partai yang Daftar

Anggota Komisioner KPU Garut, Reza Alwan Sovinidar, SH., / foto: Jay Wijaya/GE.***

GARUT, (GE).- Hingga hari ke 7, Senin (09/10/2017) masa pendaftaran partai politik yang akan jadi peserta pemilu legislatif (pileg) di kabupaten Garut,  tercatat baru satu partai yang mendaftar ke KPUD Garut. ” Ya, sampai hari ini baru partai Perindo yang mendaftar. Besok (Selasa, 10/10) rencananya Partai Solidaritas Indonesia dan Nasdem yang akan mendaftar,” ungkap Anggota Komisioner  KPU Garut,  Reza Alwan Sovinidar,  SH,  di kantornya, Senin (09/10).

Dijelaskan Reza, pendaftaran Parpol itu harus disertai dengan berkas salinan keanggotaan Parpol yang dilampiri dengan foto copy KTP Elektrik dan foto copy KTA Parpol bersangkutan. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017, masa pendaftaran Parpol ditetapkan dari tanggal 03 s/d 16 Oktober 2017.

Dengan demikian bagi Parpol yang tidak mendaftar sampai batas waktu terakhir, dianggap tidak menjadi peserta Pemilu legislatif. ” Jika sampai tenggat waktu pendaftaran Parpol tidak mendaftar dan tidak menyerahkan berkas, maka tidak akan diproses dalam tahap berikutnya,” ujarnya.


Sedangkan untuk mencari kebenaran berkas keanggotaan partai pendaftar yang telah menyerahkan berkas dimaksud,  kemudian dicocokan dengan data yang ada di sistem informasi partai politik (Sipol).

“Jika dalam Sipol tersebut datanya tidak ada,  maka KPU tidak akan menerima berkas dari partai pendaftar, sampai adanya perbaikan.  Namun jika tidak ada pengembalian sampai batas waktu yang diberikan, maka berkasnya tidak akan diproses,” katanya.

Ditambahkannya,  tahap berikutnya dari Tanggal 17 Oktober s/d 15 Nopember, KPU akan memeriksa berkas  Parpol pendaftar. Berikutnya dari tanggal 15 Desember s/d 04 Januari 2018 dilakukan verifikasi faktual  dari berkas yang sudah diserahkan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi  Parpol yang akan mendaftar, berdasarkan Undang Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, disebutkan Parpol pendaftar harus memiliki sekurang-kurangnya 1000 anggota. Atau bisa juga dengan aturan satu per seribu jumlah penduduk di kabupaten/kota. Di Kabupaten Garut ini dalam SK KPU nomor 165 berdasarkan data dari Kemendagri, jumlah penduduknya sekitar 2.210.000.

Maka partai pendaftar harus memiliki anggota sekitar 2 ribuan lebih. ” Bagi Parpol yang belum memenuhi persyaratan keanggotaan, masih diberikan waktu hampir satu bulan untuk memperbaikinya. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak bisa juga  memperbaharui,  maka akan dinyatakan tidak lolos verifikasi, ” tandasnya.

Dijelaskannya, saat ini jumlah Parpol yang terdaftar di KPUD Garut, sebanyak 18 partai. 14 diantaranya Parpol peserta pemilu Tahun 2014 dan 6 partai baru. Partai Perindo yang sudah mendaftar itu ke KPUD Garut itu, ternyata masih kekurangan data keanggotaan partainya sebanyak 180.

” Karena kekurangan tersebut, berdasarkan aturan, berkasnya kita kembalikan lagi untuk dilengkapi, ” pungkasnya.  (Jay)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI