Tipu Ribuan Warga untuk Jadi PNS, Pasutri Ini Gondol Puluhan Miliar Uang Pelicin

GARUT, (GE).- Ingin kaya dengan cara instant, pasangan suami istri (Pasutri) asal Kabupaten Garut, Hesti dan Maman Suryaman, didakwa telah melakukan aksi penipuan terhadap ribuan warga yang dijanjikan lolos untuk jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menurut Humas Pengadilan Negeri Garut, Endratno Rajamai, terungkapnya kasus ini setelah ribuan korban yang dijanjikan menjadi CPNS oleh terdakwa melaporkan. “Mayoritas korbannya berasal dari Garut, namun ada juga dari luar Jawa,” katanya, Rabu, (05/07/17).

Dijelaskannya, perkara ini pertama kali ditangani Polda Jabar tahun 2015 lalu, dan masuk persidangan di Pengadilan Negeri Bandung. Namun, karena banyaknya korban asal Garut, akhirnya kasus tersebut dialihkan ke Pengadilan Negeri Garut.


“Ya, ada sekitar 1.070 warga yang melaporkan,” katanya.

Endratno mengungkapkan, uang yang berhasil dikumpulkan terdakwa dari para korbannya telah dialihkan dengan membeli sejumlah aset. Aset yang berhasil dikumpulkan pelaku diantaranya berupa rumah mewah, tanah hingga sejumlah kendaraan.

“Kerugian korban akibat aksi penipuan ini diperkirakan mulai dari Rp 60 juta hingga Rp 300 juta per orang,” tukasnya.

Menurut penyidik Polda Jabar, kedua terdakwa dijerat dengan pasal pencucian uang dengan kerugian mencapai puluhan miliar rupiah. Sementara itu, Jajang Herawan, kuasa hukum para korban, menyebutkan kerugian para korban ditaksir lebih mencapai Rp 80 miliar. (Tim GE)***

Editor : Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI