Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, BSMI Resmikan Masjid Al Ishlah di Desa Situgede

GARUT, (GE).- Dengan disaksikan beberapa tokoh masyarakat dan warga sekitar, Masjid Al Ishlah yang berlokasi di kompleks Kantor Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut diresmikan. Jumat (27/1/2017).

Peresmian Masjid Al Ishlah dilakukan oleh pengurus Yayasan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Ir. Slamet Riyadi yang didampingi Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi dengan ditandai prosesi gunting pita di depan pintu utama masjid.

Dalam peresmian Masjid Al Ishlah ini, tutur hadir anggota DPRD Garut, Ahab Sihabudin, S.H.I., Jajaran Muspika Kecamatan Karangpawitan, serta tamu undangan lainnya.


Menurut Kades Situgede, peresmian masjid ini juga dikaitkan dengan tahun pencapaian visi Desa Situgede di awal tahun 2017 ini, yaitu Situgede Religius. Disamping itu, beberapa program unggulan lainnya juga terus digenjot. Program unggulan Desa Situgede diantaranya, Gerbang Surga (Gerakan bangun subuh bersama keluarga) program ini digulirkan untuk meramaikan shalat subuh berjamaah di masjid, serta program Simaq (Situgede menghafal Al Quran) dengan targetnya mengkader generasi penghafal Quran di Situgede.

Alhamdulillah, masjid yang berukuran 7 x 7 meter ini dibangun dengan dana bantuan dari Yayasan Bulan Sabit Merah Indonesia. Subhanallah dengan izin Allah pembangunan masjid ini bisa selesai dalam waktu tiga bulan,” papar Dedi Suryadi, kepada “GE” Jumat (27/1/2017).

Dalam sambutannya Dedi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Yayasan Bulan Sabit Merah Indonesia dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan masjid Al Ishlah Desa Situgede. Kades Dedi bertekad untuk memakmurkan masjid Al ishlah dengan berbagai aktivitas kemasyarakatan dan keagamaan.

Sementara itu, Sekmat Karangpawitan yang meweakili Muspika Karangpawitan menyampaikan apresiasiasinya dengan capaian pembangun Desa Situgede, sejak dipimpin Dedi Suryadi.

“Atas nama Muspika Karangpawitan, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pak Kades Situgede. Alhamdulillah sejak kepemimpinan beliau (Dedi Suryadi/ red.) Desa Situgede banyak perubahan positif dan prestatif. Salah satunya yang mendapatkan apresesiasi dari pak Bupati, misalnya dalam program Situgede lunas pajak dalam satu hari.” Paparnya.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Garut, Ahab Sihabuddin. Ustadz Ahab mengatakan sejak dipimpin Dedi, Desa Situgede telah banyak melakukan inovasi berbagai program desa dan kemasyarakatan.

“Saya sampaikan selamat dan sukses kepada pak Kades (Dedi Suryadi/red.). Juga saya berpesan kepada masyarakat Desa Situgede untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyyah. Salah satu faktor penting dalam peningkatan ukhuwah ini adalah bangunan masjid yang representatif.

Ir. Slamet Riyadi perwakilan dari yayasan BSMI, mengatakan langkah yang dilakukan oleh kepala desa Situgede dalam membangun masjid merupakan salah satu langkah mengikuti Rosululloh SAW dalam melaksanakan kepemimpinannya.

“Rosulullah (SAW) pun ketika hijrah ke Madinah, langkah pertama yang dilakukan Beliau, Sallahu’alaihi wasalam, adalah membangun Masjid Nabawi. Pesan saya, untuk kepada kepala Desa Situgede dan jajarannya agar senantiasa memakmurkan masjid yang telah dibangun ini.” Ungkapnya. (Doni Melody)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI