Tingkatkan Produktivitas Beras, Pemkab Garut Ajukan Program Cetak Sawah Baru

Area pesawahan di kawasan Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut./ foto: kang Cep/GE.***

GARUT,(GE).- Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas beras, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut baru-baru ini mengajukan program cetak sawah baru ke pemerintah pusat. Dengan adanya program tersebut diharapkan memberikan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan pangan secara nasional.

menurut Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga, ada berbagai langkah yang ditempuh Pemkab Garut untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya dengan cara mengajukan program cetak sawah baru kepada pemerintah pusat.

” Kita akan mengusulkan tahun depan untuk program cetak sawah baru kepada pemerintah pusat. Kita ingin berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan pangan secara nasional,” katanya, Senin (16/7/18).


Benji menyebut, Kabupaten Garut memiliki banyak potensi lahan yang layak untuk dijadikan areal tanaman padi, salah satunya di wilayah selatan Garut. Jika usulan program cetak sawah baru ini direalisasikan pemerintah pusat, diharapkan menjaga ketersediaan pangan secara nasional.

“Masih banyak daerah di Garut terutama di wilayah selatan yang bisa dijadikan lahan sawah baru,” tandasnya.

Sebelumnya pada 2017, tambah Beni, Kabupaten Garut mendapatkan program cetak sawah baru dari pemerintah pusat. Saat itu sawah baru yang dicetak luasnya mencapai 24 hektare, 10 hektar di Kecamatan Cibalong dan 14 hektare di Kecamatan Pakenjeng.

“Program cetak sawah baru di dua kecamatan itu, dalam pelaksanaannya tak menemui kendala baik dalam proses penanaman maupun panen. Hasilnya terbilang memuaskan dan saat ini sudah dua kali tanam,” ungkapnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI