Tingkatkan Potensi Wisata, Kabupaten Garut Segera Bangun Kolam Laut di Pantai Sayangheulang

GARUT (GE).- Kabupaten Garut menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata. Dalam waktu dekat, di Pantai Sayangheulang Garut Selatan akan segera dibangum kolam laut.

“Sebelum proyeknya dilaksanakan, harus ada penataan ssumber daya manusianya. Oleh sebab itu kami sudah membentuk kelompok yang nantinya akan mengelola objek wisata baru kolam laut di Garut Selatan,” kata Wakil Ketua Komisi X (Sepuluh) DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah, usai acara Gerakan Sadar Wisata (Germas) dan Aksi Sapta Pesona di Kawasan Wisata Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk, Minggu (3/12/17).

Masih menurut Ferdiansyah, tidak hanya tertuju ke kolam laut saja tapi ada atraksi-atraksi atau suguhan yang membuat wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya. Sehingga wisatawan bisa merasakan nyaman dan betah


Masih menurut Ferdiansyah, di kawasan Garut Selatan sangat menunjang untuk dikembangkan wisatanya. Karena memiliki keunilan jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Sebelum program ini diluncurkan kita akan bangun dulu sarana pendukungnya. Mudah-mudahan semua sarana pendukungnya selesai di tahun 2018,” ucap Ferdiansyah.

Sementara itu, Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Mayarakat dari Kementrian Pariwisata menyampaikan, Oneng Setya Harini, mengatakan daerah yang mempunyai komitmen besar untuk pengembangan wisata bagi Kabupaten/Kota misalnya Kabupaten Garut akan didukung secara penuh. Namun, tentunya hal tersebut ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Garut.

Lanjut Oneng, konsep pengembangan wisata kolam laut, tentunya harus mengajukan proposal terlebih dahulu ke pemerintah pusat. Sehingga nanti dananya dari APBN yang diberikan kepada daerah jadi tidak bisa dari kementrian langsung. Pasalnya pihak Kementrian Pariwisata hanya merekomendasikan dan menyetuju, karena nanti kementrian keuangan yang memberikan langsung kepada daerah.

Sementara itu untuk Kegiatan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona, menurut Oneng merupakan kegiatan gerakan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia di 141 lokasi. Kegiatan tersebut salah satunya adalah bagaimana mendorong peran masyarakat untuk menciptakan masyarakat destinasi yang kondusif agar tumbuh dan berkembang daerah kepariwisataan itu. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI