Tingkatkan Minat Baca, Komunitas Creavill Dirikan Rumba di Cilawu

GARUT, (GE).- Komunitas desa berdaya kreatif atau yang lebih dikenal dengan sebutan Creavill (Creative Village) Garut kembali membuat rangkaian kegiatan sosialnya. Setelah sukses menanam “Cinta” di kawasan Gunung Papandayan, kali ini Creavill menggelar kegiatannya di Kampung Patrol RW 13, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Menurut Ketua Komunitas Creavill Garut, sekaligus ketua panitia penyelenggara, Wifny, kegiatan sosial yang dilaksanakan pada 20-21 Januari 2018 tersebut intinya ialah pembuatan rumah baca (Rumba) yang merupakan salahsatu program rutin Creavill.

Selain pembuatan Rumba, kegiatan sosial yang diikuti oleh relawan dari komunitas bookpacker dan relawan program kesehatan Peduli Jabar tersebut juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan anak dan warga sekitar.


“Rangkaian kegiatannya dilaksanakan dua hari, Sabtu dan Minggu. Rumba, yang merupakan salahsatu program rutin komunitas Creavill.  Hari pertama kami laksanakan pengecatan bangunan madrasah yang akan dijadikan rumah baca, labeling buku, sorting dan penataan tempat baca agar nyaman oleh semua tim gabungan komunitas Creavill dan relawan bookpacker. Sementara itu, relawan kesehatan Peduli Jabar mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar secara gratis,”  ujar Wifny, seraya menebar senyum ramahnya.

Dijelaskannya, pada hari berikutnya, para relawan mengadakan kegiatan karakter building melalui pembelajaran terbuka dan permainan kepada anak-anak sekitar.

Wifny berharap dengan pembangunan rumah baca kreatif yang dilaksanakan oleh Creavill, relawan komunitas dan seluruh elemen masyarakat ini dapat meningkatkan minat baca. Khusus masyarakat dan semangat belajar anak-anak di desa Sukamurni. Tak lupa ia juga sampaikan ucapan terimakasih kepada relawan dan donatur yang membantu kegiatan tersebut.

Rumba kreatif Desa Sukamurni tersebut merupakan Rumba ke 8 yang dibuat oleh Creavill Garut. Sebelumnya sudah diresmikan rumba kreatif di Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Desa Kandangmukti – Leles, Desa Sudalarang – Sukawening, Desa Tegalpanjang – Sucinaraja, Desa Cisurupan – Cisurupan, Desa Pasirkiamisd – Pasirwangi dan Desa Sindanglaya – Karangpawitan.

“Harapannya tentu Rumba kreatif ini dapat bermanfaat. Serta meningkatkan minat baca dan menambah semangat belajar anak-anak di sini. Terakhir saya menghaturkan banyak terima kasih kepada semua relawan dan juga donatur hingga kegiatan ini dapat terwujud dan berjalan lancar,” ungkapnya.

Kegiatan sosial yang digagas komunitas Creavill di Desa Sukamurni diapresiasi oleh Koordinator Tenaga Ahli Pendamping Profesional Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Garut, H. Dadang.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positif, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh mayoritas anak muda semacam ini. Semoga istiqomah dan program ini kedepannya bisa dilaksanakan di semua desa,” harapnya. (Agus Muhrom)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI