Tingkat Partisipasi Pemilih Capai 91 Persen, KPU Garut Berikan Penghargaan Khusus untuk PPS Desa Sukalaksana

GARUT, (GE).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut memberikan penghargaan kepada Ketua dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa sukalaksana Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Penghargaan tersebut diberikan berkat kerja keras semua unsur PPS Desa Sukalaksana dalam melaksanakan tugas sebagai salah satu bagian panitia penyelenggara di Pilkada serentak 2018 tingkat desa.

Berdasarkan data yang diperoleh KPU Kabupaten Garut, tingkat partisipasi pemilih di desa ini mencapai 91 % lebih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Menurut Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi, ini adalah salah satu contoh baik bagi PPS Desa yang lain.

Selain tingkat desa, tingkat kabupaten pun di pilkada serentak 2018, pertisipasi pemilih juga mengalami kenaikan dibanding pilkada sebelumnya sebanyak 5%. Jika pada Pilkada sebelumnya, partisipasi pemilih se-Kabupaten Garut, mencapai 65 % dari 1,7 juta pemilih. Sedangkan pada Pilkada 2018 ini mencapai 70,41 % dari 1.801.000 daftar pemilih tetap.


“Artinya baik dari segi persentase maupun secara angka keseluruhan,” tutur Hilwan.

Dikatakannya, semua ini tidak terlepas dari rasa optimis pihak KPU yang disertai dengan pelaksanaan kerja yang maksimal. Walaupun demikian, Hilwan sendiri mengakui, dengan keterbatasan waktu, personil dan tentunya anggaran, target KPU yang sangat ingin melakukan sosialisasi langsung ke tiap desa belum bisa tercapai.

“Jika kami semua bisa melakukan sosialisasi ke setiap desa, saya yakin tingkat partsisipasi pemilih di Kabupaten Garut akan lebih meningkat lagi. Semua itu terbukti dengan data angka kenaikan partisipasi dari desa-desa yang pernah didatangi KPU dalam rangka sosialisasi,” tambahnya, Senin (20/08/2018).

Diharapkannya, dalam pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 nanti, tingkat pertisipasi pemilih di Kabupaten Garut kembali mengalami kenaikan. Hal tersebut dkatakan Hilwan di sela-sela acara evaluasi dan pelaporan tahapan sekaligus pembubaran PPS Pilkada serentak 2018 yang bertempat di Hotel Harmoni, Garut.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang Garut, H. Taufik Rohman, mengaku bangga mendapatkan penghargaan dari KPU. Selain upaya sosialisasi yang gencar terhadap masyarakat secara langsung, PPS Desa Sukalaksana selalu mengingatkan kepada anggota KPPS agar senantiasa betul-betul melaksanakan tugas dengan baik.

Bahkan pada saat hari pencoblosan, para anggota KPPS rela mendatangi warga pemilih yang sedang berada di sawah maupun di kebun, dengan maksud mengingatkan dan mengajak untuk datang ke tempat pemungutan suara. Maka tak heran angka partisipasi pemilih masyarakat mencapai 91,3 persen. Dari 3.140 warga yang terdaftar dalam DPT, sebanyak 2.868 melakukan pemilihan tambah Taufik sambil memperlihatkan sebuah laptop sebagai hadiah dari KPU Garut.

“InsyaAlloh, kedepannya kami akan meningkatkan upaya yang lebih maksimal lagi, mudah-mudahan di Pileg 2019 bisa mencapai 100 persen pemilih yang memberikan hak suaranya pungkas taufik,” (Ucheu Walet).***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI