Tiga Hektare Kawasan Hutan Gunung Guntur Terbakar

GARUT, (GE).- Kawasan Gunung Guntur yang belakangan santer diberitakan kasus penambangan pasir ilegalnya, kini penderitaannya bertambah, dengan adanya musibah kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyebut sedikitnya tiga hektare areal hutan di kawasan Gunung Guntur terbakar, sekira pukul 16.00 WIB Jumat (11/8/17) malam.

“Ya, lebih kurang tiga hektare lahan di gunung Guntur terbakar,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Dadi Dzakaria di Garut, Sabtu (12/8/17).

Dijelaskannya, lahan hutan yang terbakar tersebut diantaranya berlokasi di Blok Tegal Malaka, Kampung Naringgul, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.


“Sejumlah petugas gabungan dari BPBD, BKSDA, Polisi/TNI, Dinas Pemadam Kebakaran dan masyarakat setempat berupaya memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya,” ungkapnya.

Untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas, petugas membuat sekat bakar atau dengan memotong jalur api agar tidak menjalar ke area lainnya. Akhirnya api mulai bisa dijinalam sekira pukul 22.00 WIB.

“Upaya BPBD bersama masyarakat membuat sekat bakar dan memadamkan api dengan alat bambu hingga api dapat dipadamkan pukul 22.00 WIB,” katanya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI