Tiga Hari Tidak Diangkut, Sampah di Karangpawitan Numpuk Hingga ke Bahu Jalan

KARANGPAWITAN, (GE).- Sampah di Jalan Ahmadyani Timur Kecamatan Karangpawitan tampak menumpuk hingga ke bahu jalan. Bahkan, belakangan ini bau tak sedap mulai tercium para pengguna jalan yang melintas di sana.

“Sudah tiga hari sampah ini belum diangkat. Mungkin petugasnya pada libur lebaran,” kata salah seorang warga, Robiah (43), Selasa (5/6/2016).

Robiah mengatakan, sampah yang dibiarkan menumpuk tersebut kini mulai mengeluarkan bau tak sedap. Apalagi kalau hujan turun baunya semakin menyengat.

Biasanya, kata Robiah, sampah di TPS tersebut diangkut tiap hari ileh petugad kebersihan. Namun belakangan ini petugas tak kunjung mengangkut sampah di TPS itu.

Ia berharap, pemerintah dalam hal ini petugas kebersihan segera mengangkut sampah yang sudah menumpuk berhari-hari. Kalau terus dibiarkan, kata dia, dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit bagi warga sekitar.

Sementara itu, salah seorang pengguna jalan, Asep Suharja (37),  mengaku terganggu dengan tumpukan sampah sampai menghalangi bahu jalan. Padahal, Jalan Raya Ahmadyani Timur merupakan salahsatu jalan protokol di Garut.

“Saya sampai sempat terjatuh. Ban depan motor saya melindas kantong plastik berisi sayuran busuk. Untung saya masih bisa menjaga keseimbangan,” katanya saat melintas di Jalan Ahmadyani Timur.

Asep berharap pemerintah jangan menghentikan pelayanan publik yang elementer seperti petugad kebersihan meski sedang hari raya. Mestinya ada penjadwalan bagi para petugas seperti ini. Farhan SN***