Tertangkap Warga, Satwa Langka Ini Diserahkan ke BKSDA

Anang Kusnadi (berkaca mata) warga Perumahan Pesona Intan Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, menyerahkan satwa langka 'Kukang' kepada petugas BKSDA Garut, Kamis (23/08/2018)***

GARUT,(GE).- Baru-baru ini warga di Perumahan Perumahan Pesona Intan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut menyerahkan salah satu satwa langka ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut. Satwa liar terusebut jenis kukang (Nycticebus javanicus). Hewan tersebut diserahkan ke BKSDA untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

“Kami sengaja serahkan ke BKSDA untuk direhabilitasi, karena kami tahu ini hewan yang dilindungi undang-undang,” ujar warga Perumahan Pesona Intan, Anang Kusnadi usai penyerahan kukang ke petugas BKSDA di Garut, Kamis (23/08/2018).

Anang mengatakan, kukang tersebut sebulan lalu ditemukan berkeliaran di lingkungan perumahan, kemudian diamankan oleh warga dan sempat dirawat karena khawatir ada pemiliknya.


“Tadinya mau dilepas lagi, tapi takut jadi buruan pihak yang tidak bertanggungjawab, akhirnya biar aman kita serahkan ke BKSDA,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksie BKSDA Wilayah V Garut, Purwantono, menyatakan telah menerima secara resmi kukang hasil tangkapan warga. Saat ini kondisi kukang cukup sehat dan perkiraan usia sudah cukup besar.

“Usia kami belum bisa memperkirakan, sepertinya masih remaja,” ujar Purwantono.

Dijelaskannya, laporan warga bahwa kukang tersebut sempat berkeliaran di kabel telepon pada malam hari, kemudian warga berusaha mengamankannya karena kasihan dengan hewan tersebut.

“Dipikir kepunyaan seseorang yang terlepas, namun selama sebulan tidak ada yang mengakui akhirnya dilaporkan dan diserahkan secara sukarela ke kantor BKSD SKW V Garut,” katanya.

Menurut Purwanto, satwa yang dilindungi undang-undang itu sementara direhabilitasi di Kantor Seksi Konservasi Wilayah V Garut sambil menunggu arahan dari pimpinan pusat.

“Kukang ini diperkirakan dari hutan bambu Desa Sirnajaya tidak jauh dari komplek pemukiman warga Perumahan Pesona Intan,” tandasnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI