Tersandung OTT, Akhirnya Kadisdukcapil Diperiksa Polisi Hari Ini

GARUT, (GE).- Setelah urung hadir dalam panggilan pertama, akhirnya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, Darsani, akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan Polisi.

Kasat Reskrim Polres Garut AKP Hairullah menyebutkan, proses pemeriksaan terhadap Kadisdukcapil Garut ini dilakukan pada sore, hari ini, Jumat (10/2/2017).

“Ya,  yang bersangkutan (Darsani/ red.) telah diperiksa sebelum magrib barusan oleh penyidik,” tandasnya.


Kasat Reskrim tidak menjelaskan rinciannya, apa saja yang ditanyakan penyidik terhadap Darsani. Ia hanya mengatakan pemanggilan itu diperlukan untuk mengorek keterangan dari Kadisdukcapil  terkait kasus pungli di instansi yang dipimpinnya.

“Masih dalam penyelidikan,” tukasnya.

Menurut Hairullah, semestinya Darsani datang dan menjalani pemeriksaan pada pukul 09.00 WIB pagi. Akan tetapi hingga pukul 15.30 WIB, ia tak kunjung datang ke Mapolres Garut.

“Namun tetap kami tunggu karena untuk proses pemeriksaan hari ini batasnya hingga pukul 00.00 WIB dini hari. Dan akhirnya yang bersangkutan datang tadi sore,” jelasnya.

Darsani sendiri disebut terlibat dalam praktik pungli dalam pembuatan akta kelahiran. Hal itu terungkap setelah satu dari 10 pegawai di Disdukcapil membeberkan, bila ia kerap meminta uang untuk alasan tertentu.

Keterangan itu pun lantas dibantah keras oleh Darsani. Ia sempat menjelaskan hal tersebut kepada Bupati Garut Rudy Gunawan.

Saat ditemui Rabu (8/2/2017) malam lalu di Pendopo Garut, Rudy menjelaskan, Darsani mengaku tidak pernah terlibat pungli. “Kepada saya dia (Kadisdukcapil/red.) hanya mengaku meminta uang DPA dari bawahannya,” kata Bupati. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI