Terlibat Korupsi RSUD Pameungpeuk Garut, Kadinkes Subang Ditangkap Polda Jabar

GARUT, (GE).- Polda Jawa Barat menahan Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Subang, Ade Rusyana, dalam kasus pengadaan alat kesehatan medis dan nonmedis pada RSUD Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Ade terlibat dalam kasus ini saat dirinya menjabat Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Pemkab Garut.

Ade menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan Subang setelah lolos mengalahkan dua pesaingnya. Namun penangkapan dirinya tak ada kaitannya dengan jabatan sebagai Kadinkes yang saat ini didudukinya.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar, Kombes Samudi mengatakan, Ade Rusyana terlibat dalam tindak pidana korupsi Alkes RSUD Pameungpeuk tahun anggaran 2013. Sumber dananya dari dana hibah Kemenkes sebesar Rp 14 miliar.


Dalam kasus ini, kata Samudi, Polisi menetapkan 4 tersangka termasuk Ade Rusyana. Sementara tiga tersangka lainnya adalah Heri dari pihak swasta yang saat ini sudah ditahan di Mapolda Jabar dalam kasus yang lain, Nia selaku Direktur PT Triniti pemenang lelang yang kini sudah ditahan di Rutan Banceuy, dan Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr Iman.

Dalam kasus ini, para tersangka diduga melakukan rekayasa lelang. Selain itu, nilai harga perkiraan sendiri (HPS) diduga di mark up.

Berdasarkan informasi dihimpun “GE” penangkapan Kadinkes Subang dilakukan di Garut. Namun lokasinya belum diketahui.

Penangkapan Ade Rusyana tidak diketahui jajaran Polres Garut. Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, mengaku belum memonitor Kadinkes Subang yang dilakukan di Garut.

“Saya belum monitor ada penangkapan di Garut,” kata Kapolres singkat. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI