Terlalu Lama Menjabat, Kadisdik Garut Ditugaskan jadi Staf Ahli

Mahmud saat menandatangani surat pengangkatan jabatan baru sebagai staf ahli di Lapang Setda Pemkab Garut, Senin (31/7/17).*

GARUT, (GE).- Bupati Garut, Rudy Gunawan secara mendadak menghentikan jabatan Mahmud sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Tindakan tersebut dilakukan Rudy karena Mahmud dinilai terlalu lama menduduki jabatan sebagai orang nomer satu di Disdik.

“Menurut undang-undang ASN, jabatan eselon II itu jangan lebih dari 5 tahun. Kecuali yang memiliki prestasi luar biasa baru bisa dipertahankan,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, Senin (31/7/17).

Bupati melanjutkan, dirinya menginginkan ada kenaikan nilai uji kompetensi guru (UKG). Jadi siapa pun yang akan menjabat Kadisdik nanti dituntut untuk meningkatkan UKG.


Untuk mengisi kekosongan jabatan Kadisdik saat ini, ujar Bupati, pejabat setingkat di bawahnya yang akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Mahmud. Tentunya, masih kata Rudy, Sekretaris Disdik yang saat ini dijabat oleh Dede Sutisna yang paling berhak untuk menduduki Disdik 1.

“Dede Sutisna nanti akan ditunjuk sebagai PLT di Disdik,” katanya.

Rudy menjelaskan, dalam waktu dekat dirinya akan segera mengisi jabatan Kadisdik setelah melakukan proses lelang. Di awal Agustus ia akan membentuk panitia lelang jabatan dan di akhir Agustus akan ada proses lelang jabatan.

“Siapa pun boleh ikut lelang asalkan memenuhi persyaratan. Termasuk kepala sekolah jika kompetensinya mumpuni kenapa tidak,” ungkap Rudy.

Sementara itu, Mahmud, yang ditemui usai pelantikan mengaku pasrah dengan keputusan yang dilakukan Bupati Garut. Sebagai ASN dirinya harus siap ditempatkan dimana pun.

Bahkan, Mahmud mengaku dirinya tak heran dengan pergeseran jabatan yang didudukinya saat ini. Menurutnya, dirinya sudah mengetahui akan dirotasi sejak satu minggu yang lalu.

“Saya sudah tau akan dirotasi sejak satu minggu yang lalu. Jadi saya tak heran. Sebagai ASN saya pun harus siap ditempatkan di posisi apa pun,” ujarnya.

Mahmud mengatakan, setelah lima tahun memimpin Disdik kini dirinya harus menempati jabatan baru sebagai Staf Alhi Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia menggantikan dr. Iman. Sedangkan dr. Iman kembali ditugaskan menjadi dokter fungsional di RSUD dr. Slamet Garut. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI