Terkait Izin Pengelola Papandayan, ini Jawaban PT. AIL

?

CISURUPAN, (GE).- Penasehat PT Astri Indah Lestari (AIL), Putra Kaban, membantah jika pihaknya tak mengurus perizinan untuk mengelola objek wisata Gunung Papandayan. Namun yang harus dipahami jika prosedur perizinan itu langsung diurus pihaknya di Kementerian Kehutanan.

“Empat tahu kami mengurus perizinan. Yang keluarkan izinnya juga langsung pemerintah pusat. Kami juga tak berani mengelola kalau tak punya izin,” kata Kaban saat dihubungi, Selasa (6/9/2016).

Menurutnya, masih banyak orang yang tak memahami prosedur terkait perizinan. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 36 tahun 2010 juga tidak mewajibkan kepada pihaknya untuk mengurus perizinan ke daerah.

“Meski begitu kami tetap mengurusnya ke Pemkab Garut sebagai bentuk penghormatan walau tidak diwajibkan. Bahkan DPRD dan Bupati sudah mengetahuinya,” ucapnya.

Kaban sangat mengapresiasi Bupati Garut yang selalu berusaha mencari investor ke daerahnya. Namun jika masalah keamanan tak terjamin, bisa jadi banyak investor yang ketakutan datang ke Garut.

“Masalah perizinan ini jangan dikaitkan dengan politik. Hanya orang gila yang berani mengelola tanpa izin,” ujarnya.

Terkait keterlibatan warga sekitar objek wisata, diakui Kaban pihaknya juga sudah melaksanakannya. Sebanyak 160 orang warga Kecamatan Cisurupan saat ini bekerja di Papandayan.

“Kenapa dulu saat Papandayan masih jelek tidak diprotes. Tapi sekarang setelah dikelola oleh kami malah ramai. Harus lihat sekarang perbaikan yang telah kami lalukan,” katanya. (Farhan SN)***