Tangisan Haru Ribuan Keluarga Hantarkan Kloter 10 Calhaj Asal Garut

PENDOPO, (GE).- Tepat pada Kamis malam (11/8/2016) 441 orang jemaah haji yang tergabung dalam kloter 10 gelombang dua asal Kabupaten Garut resmi diberangkatkan. Pemberangkatan Calon Haji (Calhaj) ini dilakukan di halaman Gedung Pendopo, Garut.

Saat prosesi pemberangkatan Calhaj malam itu, tampak ribuan pengantar yang merupakan keluarga jemaah Haji larut dalam suasana yang mengharu biru. Linangan air mata, pelukan haru membuncah pada malam itu.

Saking banyaknya keluarga yang mengantar, di kompleks gedung Pendopo sempat terjadi kericuhan antara petugas kepolisian dengan keluarga Calhaj. Kericuhan ini dipicu oleh keluarga Calhaj yang memaksa masuk kedalam Gedung Pendopo. Tak hanya itu sebagian keluarga Calhaj ada yang nekat memanjat benteng Gedung Pendopo untuk sekedar bisa mengantarkan dari dekat.

“Alhamdulillah, sudah siap pertama manasik harus dibekali ilmu yang secukupnya. Insya Alloh saya sudah siap,” tutur Tatang Kustaryo, salah seorang calon haji, seraya menyeka air matanya.

Prosesi pelepasan calon jemaah haji ini dipimpin langsung Bupati Garut, Rudy Gunawan. Pemerintah Kabupaten Garut memastikan calon jmaah haji asal Garut tahun ini (2016) tidak ada yang tertunda masalah administrasi. Namun ada sebagian calon jmaah haji yang gagal berangkat karna sakit.

“Yang sekarang berangkat 441 calon jemaaah dari Garut masuk ke dalam kloter 10. Saya kira semuanya berangkat. Termasuk yang berangkat seharusnya kloter satu menjadi kloter 10 hanya beberapa orang yang kemarin itu terselip visa nya.” Tutur Bupati.

Sejumlah keluarga calon jamaah haji berharap salah satu anggota keluarganya yang berangkat ibadah haji tahun ini dapat diberi kelancaran serta dapat kembali ke tanah air untuk berkumpul bersama sanak saudara. (Idrus Andriawan)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN