Tanggul Irigasi Jebol, Komplek Buana Karangpawitan Direndam Banjir

KARANGPAWITAN, (GE).- Tanggul penahan saluran irigasi jebol puluhan rumah di komplek buana Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat direndam banjir. Peristiwa tersebut terjadi akibat debet air tinggi ditambah hujan yang terus mengguyur kawasan tersebut.

Berdasarkan pantauan “GE” warga setempat berusaha melancarkan aliran air. Sampai berita ini diturunkan debet air sudah mulai surut. Warga setempat mulai membersihkan rumah dari lumpur.

Menurut Ketua RT setempat, Hayat (58), air datang saat hujan lebat. Tanggul langsung jebol akibat derasnya air yang masuk ke kawasan komplek.

“Saat itu hujan sedang deras. Tiba-tiba ada suara gemuruh. Sàat dilihat ke sumber suara ternyata tanģgul ambruk,” kata Hayat kepada “GE” Selasa (20/9/2016).

Menurut hayat ada 20 rumah yang terendam air. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja sejumlah barang milik warga Perum Buana Putra basah kuyup direndam banjir kiriman.

Saat ini warga berusaha membersihkan akses jalan di depan perum yang tertutup reruntuhan tanggul. Genangan air kini mulai menyurut setelah warga setempat memperbaiki saluran drainase. (Farhan SN)***