Tak Dilakukan oleh Rekanan, KPUD Garut Musnahkan Sendiri Sisa Surat Suara Pemilu 2013

KARENA tidak dilakukan oleh rekanan pemenang lelang pengadaan, sisa surat suara pemilu 2013 yang tercerer di gudang KPUD Kabupaten Garut, Jawa Barat, akhirnya dimusnahkan sendiri oleh petugas KPUD, Selasa (21/3/17). (Jay/GE)***

GARUT, (GE).- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, terpaksa melakukan pemusnahan surat suara sisa yang tidak terpakai pada pemilihan umum (pemilu) lalu. Selama ini, sisa surat suara tersebut menumpuk di gudang KPUD. Padahal, seharusnya pemusnahan surat suara dilakukan oleh rekanan pemenang lelang pengadaan surat suara pada pemilu tahun 2013.

“Iya, seharusnya diangkut dan dimusnahkan oleh rekanan. Mungkin karena tercecer, jadi sisa surat suara ini tidak terangkut. Daripada ditemukan oleh pemulung, bisa bermasalah. Jadi lebih baik dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata Sekretais KPUD Garut, Ayi Dudi Supriadi, ¬†saat melakukan pemusnahan surat suara di gudang KPUD Jalan Proklamasi, Selasa (22/03/17).

Dikatakan Ayi, surat suara yang dimusnahkan tersebut, terdiri dari beberapa sisa pilkada tahap satu dan tahap dua, pileg, dan pilpres.


“Sisa surat suara ini tidak banyak dan ini saya kira sudah ada berita acara lelangnya. Ini hanya yang tercecer saja,” tuturnya.

Ratusan surat suara sisa itu kondisinya sudah rusak dan basah akibat terkena air hujan.

Ayi menambahkan, penghancuran surat suara juga dilakukan dalam rangka pengelolaan arsip dan penilaian dalam pengelolan arsip di setiap Kasubag. Pengelolaan arsip di Gudang KPUD di Jalan Proklamasi, maupun di Bayongbong.

Selain Ayi, juga terlihat anggota Komisioner KPUD Garut ikut membereskan perlengkapan pemilu di gudang KPUD tersebut. (Jay/GE).***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI