Aneh Izin Tambang Emas Warga Dilarang, Tapi PT. Antam Diberi Keleluasan Ekplorasi

PEMKAB, (GE).- Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Garut terus memantau sejumlah kawasan tambang emas. Terutama di musim hujan yang bisa berpotensi bencana longsor. Saat ini Pemerintah Kabupaten Garut dengan tegas melarang galian emas yang dikelola warga. Namun herannya, izin tambang emas justru diberikan kepada pihak PT. Antam.

Kepala SDAP Kabupaten Garut, Uu Saepudin, mengaku telah menertibkan pertambangan emas ilegal di kawasan Cikajang. Bahkan sejumlah tambang emas ilegal juga telah diproses secara hukum.

“Tidak ada pengajuan izin untuk tambang emas itu. Alasannya karena mereka memakai lahan milik masyarakat. Padahal bisa diajukan jika luasannya cukup,” katanya.

Selain di Cikajang, sejumlah tambang emas ilegal berada di sekitar Bungbulang, Pakenjeng dan Pamulihan.

Tambang emas tambang liar yang sudah diproses hukum. Di lahan masyarakat. Tidak ada pemohon pertambangan. Bisa diajukan jika luasannya cukup. Saat ini keberada tambang emas ilegal sebagian masih terdapat di Cihideung, Kecamatan Cikajang.

“Hanya beberapa blok lagi yang sama masyarakat. Soalnya sekarang sudah semua dikuasai Antam,” ujarnya.

Pertambangan ilegal tersebut, diakui Uu sangat beresiko. Penggaliannya tak memakai pola pertambangan. Perlengkapannya pun masih sangat manual. Bahkan para penambang tak dibekali oksigen. Farhan SN***