Sungai Ciparay Mirip Tempat Sampah, DLHKP Garut : Itu Tanggung Jawab Bersama

KONDISI Sungai yang melintas Kampung Ciparay, Desa Lebakjaya, Kabupaten Garut, tampak lebih mirip tempat sampah. Selasa (2/8/2016)/ Idrus Andriawan 'GE.'

KARANGPAWITAN, (GE).- Salah satu sungai yang melintas di Kampung Ciparay, Desa Lebakjaya, Kecamatan Karangpawitan tampak lebih mirip tempat sampah daripada sebuah sungai. Pemandangan tak sedap ini sudah sekian lama mewarnai wilayah Kecamatan Karangpawitan.

Selain tak sedap dipandang, bau busuk sampah juga menjadi ‘santapan’ sehari-hari warga yang dilintasi sungai ini. Disamping itu, setiap musim penghujan tiba ancaman banjir pun harus siap dihadapi warga sekitar.

Sejumlah warga Ciparay dan sekitarnya tentu mengeluhkan kondisi ini. Namun, tumpukan sampah yang memenuhi sungai tersebut merupakan sampah rumah tangga yang dibuang warga yang tak sadar akan pentingnya kebersihan.

“Ya, tentunya menggagu lah, selain bau juga membahayakan jika musim hujan tiba. Setiap musim hujan sampah ini kerap menyumbat saluran air, dan air sungai meluap. “Ungkap Toni, warga setempat. Selasa (2/8/2016).

Sungai di Ciparay bak tempat sampah ini sebenarnya sudah diketahui Dinas terkait. Namun hingga saat ini belum ada langkah kongkrit terkait penanganan sampah yang menumpuk di sungai yang juga melintasi ruas jalan raya A.Yani ini. Pemkab dengan Dinas terkaitnya seolah “angkat tangan.”

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut, Guriansyah, mengatakan, persoalan sampah ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Dikatakannya, warga pun harus ikut serta dalam mengatasinya, salahsatunya dengan tidak membuang sampah ke sunagi.

“Tanggung jawab kami (DLHKP/ red.) itu mengangkut sampah pada tempat yang sudah ditentukan. Adapun jika masyarakat yang buang sampah ke sungai, ke saluran atau bukan ditempat sampah, itu bukan tanggung jawab kami, tapi tanggung jawab bersama.” Tandasnya.

Dijelaskannya, pengelolaan Sungai Ciparay ini ada dibawah beberapa instansi. Diantaranya Dinas Sumberdaya Air dan Pertambangan Kabupaten Garut, Balai Besar Sungai Cimanuk- Cisanggarung yang meliputi lima kabupaten di Jawa Barat. (Idrus Andriawan)***