Sudah 13 Tahun Berdiri, SMPN 3 Cikelet Baru Diakreditasi Tahun Ini

Temu Awal Visitasi Akreditasi SMPN 3 Cikelet disambut hangat personal sekolah, komite serta unsur Forkopim Kec. Cikelet, Pemdes Awassagara, tokoh agama, masyarakat dan pemuda. Sebelumnya disambut Upacara Adat dan Seni Hadrah.***

GARUT,(GE).- Meskipun  usia SMPN 3 Cikelet sudah mencapai 13 tahun, namun baru diakreditasi tahun ini (2018).  Hal itu terungkap saat temu awal visitasi akreditasi antara personal sekolah, pengurus komite dan undangan lainnya dengan Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Jawa Barat, Rabu (5/9/2018) lalu.

Pembukaan akreditasi yang berlangsung di halaman SMPN 3 Cikelet, Jalan Awassagara, Desa Awassagara, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Selain dihadiri Asesor BAN S/M Provinsi Jabar, Drs. Lalan Herlan, M.Pd dan H. Aam Muamar, M.Pd., juga turut hadir Camat Cikelet Drs. Iwan Trisnadiwan, MH, Babinsa dan Babinmas Desa Awassagara dari Koramil dan Polsek Cikelet.


Pada moment langka itu, selain pengurus Komite, hadir pula Perwakilan UPTD Dikdas Cikelet, Kepala Desa Awassagara dan jajarannya, terdiri dari Kepala Dusun, Ketua RW dan RT, Personal Puskesmas Cikelet, Ketua MUI Desa Awassagara, Kepala SDN Awassagara, Karangtaruna, Pimpinan Ponpes Asarkowiyah Cijambe, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Awassagara.

Kegiatan awal akreditasi tersebut ternyata mendapat apresiasi dari Asesor. Dalam sambutannya, H. Aam mengaku bangga disambut hangat, bukan hanya oleh unsur internal sekolah saja, sekaligus oleh Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Cikelet serta Pemerintahan Desa Awassagara serta lembaga keagamaan dan masyarakat.

“Selama saya berkeliling Jawa Barat melakukan tugas yang sama, baru kali ini mendapat sambutan yang lengkap,” ungkapnya.

Menurut Camat Iwan, lengkapnya unsur yang hadir menandakan harmonisasi yang dibangun SMPN 3 Cikelet dengan semua unsur selama ini sangat baik dan kuat.

“Ini sangat penting, tandas Iwan dan wajib  terus dibina dan ditingkatkan sebagai upaya memajukan lembaga pendidikan. Langkah Koordinasi personal sekolah sangat baik, SMPN 3 Cikelet hampir tidak pernah absen terlibat dalam berbagai kegiatan yang berdampak positif bagi perkembangan pendidikan,” paparnya.

Menurut Pelaksanaan Ketua Komite, Usep Muhidin, S.Pd., akreditasi pertama yang diikuti SMPN 3 Cikelet, tidaklah mudah. Terlebih, usia sekolah ini sejak awal berdiri dimulai rintisan dengan mendirikan SMP Terbuka terlebih dahulu itu sudah mencapai 13 tahun.

“Langkah tegas kepala sekolah dan para guru untuk menyatakan siap diakreditasi tahun ini menuju sekolah mandiri sangat kami hargai dan kami sangat bangga,” tutur Usep.

Dalam prosesi penyambutan, tim Asesor disambut Upacara Adat dari Teater Sagara Winaya OSIS SMPN 3 Cikelet binaan Guru Seni Budaya, Yedi Susanto, S.PdI. Selain mendapat kalungan bunga simbolik dari Kepala SMPN 3 Cikelet, Ridwan, S.Pd. Sebelum melakukan visitasi, Asesor disuguhi sajian rentak irama seni Hadrah dari Ponpes Asarkowiyah Cijambe.

Setelah pembukaan usai, tim asesor melakukan visitasi dan penilaian kinerja SMPN 3 Cikelet meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) di ruang guru SMPN 3 Cikelet selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (5-6/9/2018). Sebelumnya dilakukan do,a bersama dipimpin Pengasuh Ponpes Asarqowiyah Cijambe Kecamatan Cikelet, Ustad Sofyan, Lc.

“Kami siap diakreditas, semoga mendapat nilai memuaskan,” harap Kepsek SMPN 3 Cikelet, Ridwan, S.Pd yang baru menjabat selama 1 tahun 11 bulan di sekolah tersebut. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI