STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubi Siap Mencetak Generasi Berkepribadian Islami

Para peserta didik didampingin pendidik di STKPU Daruth-Thalibin Al Ayubin, berfose di depan halaman sekolahnya sebelum menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM), Rabu (10/01/2018)/ foto: Kang Cep/ GE.

BERANGKAT dari keprihatinan akan sistem pendidikan yang hanya mengedepankan keduniawian belaka, belum lama ini telah didirikan Sekolah Tahfidz Plus Khaeru Ummah (STPKU) Daruth-Thalibin Al Ayubi. Sekolah yang baru didirikan pada bulan Juni 2017 ini terletak di kawasan Kompleks Pondok Pesantren Daruth-Thalibin, Jalan Raya Cipanas, Desa Langensari, Kecamatan Tarogong kaler, Kabupaten Garut.

Menurut Ustadz Asep Suryana Al Pasundani, salah seorang pengelolan di STPKU Daruth-Thalibi Al Ayubi, sekolah yang dirintisnya tersebut merupakan sebuah lembaga pendidikan dasar yang menggabungkan kurikulum nasional dengan kurikulum yayasan yang menikitberatkan pada pendidikan berbasis aqidah Islam.

Eksul olah raga berkuda dan memanah menjadi salah satu kegiatan favorit para pelajar di STKPU Daruth-Thalibin Al Ayubi. ***

“Ya, salah satu penggerak kami mendirikan sekolah tahfidz ini diantaranya berangkat dari keprihatinan akan sistem pendidikan saat ini. Didirikannya sekolah ini (STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubi/ red.) merupakan sebuah upaya kami untuk mencetak generasi yang berkepribadian Islami,” ujar Ustadz Asep, saat dijumpai di kompleks Pondok Pesantren Daruth-Thalibin, Selasa (09/01/2017).

Hal senada disampaikan Ustadz Dendi Rachdiana, S.P, yang juga pengelola STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubin. Dendi mengatakan, bahwa visi dan misi didirikannya sekolah tersebut benar-benar untuk menjadikan lulusan yang siap menghadapi tantangan zaman dengan keilmuan Islam yang dipadukan dengan sains dan teknologi.

Syamil Amhar Fathurrahman (7) salah seorang siswa STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubi, berlatih fokus memdidik sasaran dengan busur panahnya, Selasa (09/01/2018)***

Dijelaskannya, STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubi memilki program belar yang cukup komplit dengan perpaduan pendidikan keislaman serta pendidikan umum. Sejumlah program pendidikan tersebut diantarannya, 1. Tahfidz dan Thasin, 2. Imu Sains: Matematika dan IPA, 3. Tsakofah Islam: Aqidah, Ibadah, Fiqh, Sirah Nabawiyah serta Tarikh, 4. Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

In sya Alloh, kita akan berupaya mencetak generasi unggul yang fakih fiddin, kreatif dan inovatif dalam sains dan teknologi serta berjiwa pemimpin. Makanya, kami di sini menyiapkan tenaga pendidik dengan kualifikasi pendidikan yang selaras dengan keilmuan yang akan ditransfer kepada anak-anak (peserta didik/red).  Untuk jam pelajarannya juga kita menerapkan sistem boarding school. Kami juga menerapkan kerjasama berkelanjutan dengan wali murid, salah satunya kita sesekali menggelar pertemuan (parenting) dengan wali murid. Dengan demikian perkembangan dan aktifitas anak didik senantiasa terpantau,” ungkapnya.

Ustadz Dendi menyebutkan, saat ini STPKU Daruth-Thalibin Al Ayubi memiliki peserta didik berjumlah 24 siswa dan 18 siswi setingkat SD serta 6 pelajar PAUD. Sementara itu, sejumlah tenaga pendidiknyapun cukup mumpuni disediakan dengan kualifikasi di bidangnya masing-masing.

Diantara staff pendidik itu ialah Ustadzah Sri Mulyani, S.Pd., Ustadz Ismail, S. Pd. I., Ustadz Muhammad Najib, Ustadzah Dina Hafsah, Ustadzah Heryati Ema, Amd., Ustadzah Nenden Dewi Yuniawati Suryana, S.P. (alumnus Ponpes Keresek) serta Ustadzah Ima Gumati Nurmadani (alumnus Ponpes Modern Darussalam).

In sya Alloh, kami yakin dengan ihktiar yang kita lakukan, sekolah ini akan bisa mewujudkan generasi dengan kepribadian Islam yang shahih sehingga bisa menyongsong perdaman Islam yang gemilang,” ungkapnya.

Sebagaimana halnya lembaga pendidikan yang baru berdiri, tentunya STKPU Daruth-Thalibin Al Ayubi juga memiliki terterbatasan, khususnya dalam hal finansial. Keterbatasan inilah yang kini tengah dihadapai para perintis sekolah para penghafal Al Quran ini. Saat ini STKPU Daruth-Thalibin Al Ayubin masih menempati fasilitas kegiatan belajar mengajar (KBM) yang masih teramat sederhana.

Alhamdulillah, meskipun dengan fasilitas masih sederhana saat ini, kita berupaya menggelar KBM dengan maksimal. Untuk itu, kita dengan tangan terbuka membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja kaum aghnia atau para donatur yang siap dengan ikhlas mensedekahkan hartanya demi membangun lembaga pendidikan para penghafal Al-Quran ini,” ungkapnya.

Dendi menambahkan, untuk menambah semangat belajar para peserta didik, pihak pengelola menggelar ekstra kurikuler (ekskul) berbasis sunah Rasul. Ekskul yang disediakan STKPU Daruth-Thalibin Al Ayubin diantaranya olahraga memanah, berkuda, berenang, berkebun, memasak serta seni khat.

“Untuk menambah semangat belajar anak-anak (peserta didik/red.) kita menyediakan ekskul berbasis sunah Rasul, seperti berkuda, memanah dan berenang,” tutur Ustadz Dendi, seraya mengutip sebuah hadits yang berkaitan dengan olahraga tersebut. (Kang Cep)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI