STIE Yasa Anggana Garut Bangkitkan Semangat Kewirausahaan

TARKA,(GE).- Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Yasa Anggana (STIE) Garut mengikuti kuliah umum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di aula kampus, beberapa waktu lalu. Menghadirkan dosen tamu dari praktisi bisnis, Bambang Wibisono.

Pembantu Ketua I Bidang Akademik, Jajang Sugiatna, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/2), menyampaikan, kuliah umum ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa selain memiliki hubungan erat dengan mata kuliah tentang UMKM.

“Kompetensi dan jiwa entrepreneurship adalah keharusan dan hal yang dibutuhkan di lingkungan mahasiswa. Pada saat terjun ke masyarakat, ia mampu menjalankan roda perusahaan secara profesional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jajang Sugiatna menjelaskan, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 240 juta yang memiliki pangsa pasar 40 persen berdasarkan data polulasi penduduk di Asean. Artinya, peluang pasar sangat dominan disamping negara lain.

“Pangsa pasar domestik cukup berpeluang untuk memenangkan pasar. Produk dari negara Thailand bakal datang ke Indonesia. Ini adalah peluang dan harus bisa mengamankan pasar. Jangan menjadi tamu di rumah kita sendiri. Dengan demikian, pengusaha harus mampu memberdayakan masyarakat,” paparnya.

Menurutnya, mahasiswa STIE Yasa Anggana dicetak sebagai perintis pelaku usaha. Mereka dibentuk bukan sebagai pegawai. Karena itu, pemikiran mahasiswa harus inovatif dan kreatif. Mereka sebagai agent of change (agen perubahan). Mereka juga sebagai pencipta lapangan pekerjaan,” tandasnya.

Masih kata Jajang, produk UMKM ataupun kerajinan apa saja layak untuk dikembangkan, seperti home industri cocot, dodol ataupun bengkel dan lainnya. Tips untuk berhasil, tentu mereka dituntut untuk menguasai informasi, menyusun program kerja dan uji coba pasar. (Syamsul)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN