Soal Kecelakaan Pekerja di Galian Pasir Tutugan Leles, Kadisnakertrans Garut Mengaku Tidak Tahu

Kondisi galian pasir di kawasan Jalan Tutugan Leles, Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, belum lama ini.***

GARUT,(GE).- Terkait galian pasir di kawasan Tutugan Leles, Desa Haruman, Kecamatan Leles, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengau tidak mengetahui masalah penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), karena kewenangan pengawasan dan sanksinya ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Saya belum tahu, belum ninjau ke sana (lokasi penambangan pasir Tutugan Leles), karena ranahnya kan provinsi. Sedangkan kalau ada permasalahan yang ditanyakan daerah (Pemkab Garut),” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Garut, Tedi kepada sejumlah awak media, Senin (20/08/2018)

Dikatakannya, Kabupaten Garut memiliki beberapa lokasi industri penambangan pasir, salah satunya di Kecamatan Leles dengan jumlah pekerja cukup banyak.


“Penambangan (pasir di Kawasan Leles) ini kewenangannya provinsi, termasuk penindakan yang tidak menerapkan K3 kewenangan provinsi,” tukasnya.

Tedi menyebut, setiap industri penambangan maupun industri lain yang memiliki pekerjanya harus menerapkan program K3 sesuai peraturan yang berlaku.

Diharapkannya, perusahaan khususnya di bidang penambangan di Kabupaten Garut memerhatikan masalah K3 sebagai jaminan kepada para pekerja tambang selama beraktivitas di lokasi penambangan.

“Perusahaan itu harus menerapkan K3, kami juga mengimbau pengurus pekerja seperti organisasi pekerja dapat memperhatikan masalah K3nya,” katanya.

Jika tidak menerapkan K3, kata dia, maka perusahaan yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi, seperti sanksi pencabutan izin usaha.

“Kalau industri lain yang ada di Garut sudah menerapkan K3, kalau untuk penambangan yang memeriksa dan mengawasinya pejabat dari provinsi, bukan daerah,” katanya.

Sebelumnya diketahui, lokasi penambangan pasir di kawasan Tutugan Leles, Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut dikabarkan merenggut korban jiwa seorang pekerja akibat tertimpa longsoran batu dan pasir, Selasa (7/8) lalau. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI