Siswa SMPLB Kurnia, Sulap Kain Limbah Jadi Karya Seni Hiasan Dinding

KERSAMANAH, (GE).- Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) di SLB B-C Kurnia YPLB Bakti Lemahcai Kecamatan Kersamanah telah mampu melakukan teknik dalam karya-karya sederhana. Oleh karena itu, pihak SLB mengarahkan keterampilan vokasional bagi siswa SMPLB pada kreatifitas kerajinan tangan seperti membuat benda-benda hias dari kain limbah.

“Mengacu pada kata mutiara ‘limbah itu emas’, maka melalui bidang keterampilan vokasional untuk anak tunagrahita ringan, saya terinspirasi memanfaatkan bahan limbah kain perca atau brukat, melalui teknik yang disesuaikan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan anak. Sehingga terciptalah kreasi dari limbah kain menjadi benda-benda hias,” kata Lela Rohilawati, S.Pd, guru SMPLB SLB B-C Kurnia, belum lama ini.

Menurut Lela, benda hias itu beraneka macam. Namun apabila di kelompokkan, benda hias itu sebenarnya ada 3 macam, yaitu benda hiasan ruang, hiasan diri, dan hiasan benda.

“Di SMPLB di SLB B-C Kurnia Kecamatan Kersamanah, macam-macam benda hias tersebut, sama dibuat dari bahan limbah kain brukat dan perca. Kemudian digunting berdasarkan motif kain. Lalu sisi dari hasil guntingan itu diklim menggunakan api kecil agar serat kainnya tidak lepas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lela menjelaskan, melalui pendidikan keterampilan vokasional siswa SMPLB tunagrahita ringan, benda hias dari kain limbah itu dengan teknik yang simple, dibuatnya menjadi beragam bentuk benda-benda hias, yaitu aksesoris, bros, bondu, jepit, serta aneka bunga.

“Kreasi benda-benda hias tersebut diciptakan bukan asal-asalan. Melainkan berdasarkan salah satu realisasi pengembangan diri dari pengalaman visual guru melalui peninjauan jenis-jenis benda hias yang lagi trendi di kalangan masyarakat, baik tua maupun muda. Selanjutnya dibuat berdasarkan realita dari sifat-sifat seni,” papar Lela.

Kini, para peserta didik SMPLB Kurnia telah memiliki kemampuan life skill dengan kreasinya yang unik dan menarik walaupun dari bahan limbah. “Hal itu sesuai dengan motto SLB B-C Kurnia, yakni ciptakan ramah lingkungan melalui karya dan seni,” ucap Lela.

Menurutnya, keterampilan vokasional merupakan jenis keterampilan untuk kecakapan hidup sebagai keterampilan pilihan yang diutamakan di setiap SLB. Keterampilan tersebut merupakan program pilihan yang dikembangkan dan diserahkan kepada sekolah berdasarkan kondisi maupun potensi daerah atau disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. (Ilham Amir)**