Siswa SDN Wanamekar 2 Wanaraja, Manfaatkan Kemunculan Bungai Bangkai Sebagai Objek Pembelajaran

WANARAJA, (GE).- Fenomena langka kemunculan tanaman Bunga Bangkai (Amorphophallus Paeoniifolius) diseberang gedung SDN Wanamekar 2, Kecamatan Wanaraja, dimanfaatkan guru dan siswa sekolah tersebut sebagai bahan study Ilmu Pengetahuan Alam.
 
Didampingi guru kelas, sejumlah siswa, Rabu, (19/10/2016) sengaja diajak khusus menuju lokasi guna mempelajari struktur anatomi serta karakter dari bunga yang lajim tumbuh didataran rendah wilayah tropis tersebut.
 
” Kebetulan sekali. Ini momentum langka, sayang bila kita tidak manfaatkan buat kajian study para murid. Kebetulan struktur Bunga Bangkai ini sesuai kurikulum, menunjang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)” Ujar Dekki Desmon S.Pd, Guru kelas 6 SDN Wanamekar 2.
 
Dikatakanya, selain mengajak siswa untuk meneliti  struktur bagian tubuh bunga itu, para murid juga diajarkan mengenai fase perkembangbiakanya yang dapat terjadi secara Vegetatif maupun Generatif.
 
Disampaikanya dihadapan para siswa, Bunga Bangkai atau dikawasan Asean lazim disebut Suweg, memiliki bau yang khas menyerupai bau bangkai. Aroma bau yang dikeluarkanya itu, dikatakanya, berpungsi sebagai pemikat lalat guna membantu proses penyerbukan. Tanaman ini juga tergolong tanaman berumah satu dimana bagian betina reseptif terlebih dahulu kemudian diikuti bagian jantan agar tidak terjadi penyerbukan sendiri.
 
” Sangat mendukung sekali untuk pelajaran siswa disekolah. Terlebih mengenai bunga bangkai ini masuk pada kurikulum pembelajaran kelas 6. Disamping memanfaatkan momentum guna pembelajaran, kita juga bisa menciptakan suasana menyenangkan bagi anak didik karena belajar di alam lepas. Alhamdulillah disambut antusias oleh seluruh siswa disini” Kata Deki.
 
Terjadi dalam beberapa hari ini, tanaman langka menyerupai bunga raflesia tersebut, muncul dan tumbuh sebanyak 4 tanaman bunga bangkai di 2 lokasi berbeda. Adalah disebrang gedung SDN Wanamekar 2 dan 3 buahnya lagi dipemukiman warga Kampung Rancabatu , Desa Wanamekar. (Dony Melodi Surya)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI