Siswa SDN Selaawi 1, Kreasikan Batang Pisang jadi Hiasan Unik

MUHAMMAD Nazriel, beserta guru dan Kepala SDN Selaawi 1, memperlihatkan hasil kerajinan dari gedebog pisang.

SELAAWI, (GE).- Benda hias berupa pot lengkap dengan bunganya ini dijamin menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Jika tidak menanyakan kepada sang pembuatnya, bakal sulit menebak bahan yang digunakannya. Meskipun, sesungguhnya dibuat dari bahan yang cukup mudah ditemui, khususnya warga perdesaan.

Siapa sangka, jari jemari penuh kreatifitas siswa SDN Selaawi 1, Muhamad Nazriel, mampu membuat hiasan pot dan bunga itu dari gedebog (batang pohon) pisang. Proses pembuatannya pun sangat rumit dan butuh ketelitian. Untuk membuat satu benda hias dari gedebog pisang itu memerlukan waktu yang cukup lama.

Adapun bahan–bahan lain yang dipakai untuk membuat kerajinan itu diantaranya kawat, pewarna khusus, dan serbuk gergaji untuk memberikan kesan natural. Di tangan Muhamad Nazriel, membuat benda hias ini terlihat gampang.

Salah seorang guru di SDN Selaawi 1, Murtini, menjelaskan, rencananya hasil kreasi siswa tersebut akan terus dikembangkan. Bahkan, jika ada pesanan dari pembeli, akan siap memproduksi lebih banyak dan lebih variatif lagi.

Sementara ini memang hasil karya para siswa sekolah tersebut belum dipasarkan. Padahal, jika melihat karyanya, sudah layak untuk dijual. Siswa kreator kerajinan gedebog pisang itupun bertekad akan terus mengembangkan keahliannya tersebut.(Useu G Ramdani)***