Sinergitas TNI-KB, Wujudkan Pertumbuhan Masyarakat Seimbang dan Sehat

Beberapa anggota TNI AD mendonorkan darahnya dalam agenda Baksos TNI- KB di Makodim 0611 Garut,Jalan Veteran No.1, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Kamis (09/08/2018)***

GARUT,(GE).- Sebagai wujud kepedulian akan pertumbuhan penduduk yang seimbang serta sehat, TNI AD dari Kodim 0611 bersinergi dengan Dinas KB menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) di wilayah Kecamatan Garut kota.

Baksos yang diselenggarakan di Makodim 0611/Garut Jalan Veteran No.1 Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut tersebut merupakan agenda tahun anggaran (TA) 2018. Agenda baksosnya sendiri berupa layanan kesehatan masyarakat yang meliputi pengobatan massal gratis, donor darah dan layanan kesehatan KB, Kamis (09/08/2018).

Dandim 0611/Garut, Letkol Inf Asyarf Aziz, S. Sos., disela-sela kegiatan baksos di Makodim 0611 Garut, Kamis (09/08/2018)***

Menurut ketua panitia pelaksana yang juga Pasi Ter Dim 0611/Garut Kapten Inf Dadang Setiawan, dalam gelaran baksos ini, masyarakat yang mendapatkan berbagai pelayanan sedikitnya ada 250 orang warga sekitar.


Dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat turut serta hadir ubtuk memberikan dukungan, di anataranya Danrem 062/Tn diwakili Kasiter Rem 062/Tn, Letkol Inf Tedi, Dandim 0611, Letkol Inf Asyaf Aziz, S. Sos., Kapolres Garut diwakili Kapolsek Garut Kota, Kompol Uus Susilo, Dandenpom III/2 Garut diwakili Pasilid Denpom III/2 Grt Kapten Cpm Chanrudi, Para Danramil jajaran Dim 0611, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Kepala BKKBN Provinsi Jabar diwakili Ibu Pintoli R. Siregar, Para Camat, Para Kepala UPT serta tamu Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Ibu Pintoli R. Siregarmengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Program KB telah menjadi bagian dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, harus dilakukan upaya dengan meningkatkan sosialisasi program KB,” ungkapnya.

Ditambahkannya, program KB membutuhkan dukungan semua pihak, sehingga upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat terutama masyarakat terpencil bisa tercapai.

“Ya, harus bersinergi dengan semua pihak. Perlu diketahui pemerintah telah mencanangkan program baru yaitu Kampung KB,” katanya.

Sementara itu, terkait program kependudukan serta kesehatan di Kabupaten Garut, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman menyatakan telah berkomitmen kuat. Menurutnya, dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) hal pertama yang harus menjadi perhatian meliputi kepemimpinan, transformasional, manajemen perubahan dan motivasi.

” Program kependudukan KB harus disosialisasikan dan dipahami oleh kalangan masyarakat sampai dengan hal yang paling kecil yaitu keluarga,” katanya.

Wabup membeberkan, program KB adalah sebagai tujuan dan upaya untuk membangun suatu bangsa. Di anatara agenda kegiatan KB misalnya peningkatan jumlah kelompok KKBPK di masing – masing kecamatan.

Sementara itu, Dandim 0611/Garut, Letkol Inf Asyarf Aziz, S. Sos., dalam sambutannya menyebutkan, ebagai salah satu tugas TNI yaitu mempertahankan pemberdayaan dan pembinaan.

“Aspek tugas ini adalah menyiapkan alat demokratik dan potensi harus disiapkan sejak dini secara terus berkelanjutan. Untuk saat ini indonesia mengalami siklus geografi sehingga mempengaruhi peningkatan jumlah penduduk produktif di Indonesia,” ungkapnya.

Dandim menjelaskan, berdasarkan data dari WDP PPB Indonesia tercatat nilai IPM sebannyak 0,9 dan ini merupakan tantangan yang sangat berat. Program KBKES yang selama ini telah dilaksanakan pemerintahan pada hakikatnya untuk mengurangi pertambahan jumlah penduduk.

“Sasaran program KBKES merupakan sebagai bentuk kepedulian dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Upaya meningkatkan keluarga sejahtera perlunnya partisipasi dari lapisan masyarakat serta beberapa unsur instansi terkait,” jelasnya.

Menurutnya, pelibatan partisipasi masyarakat maka keberadaan kodim 0611 Garut diharapan mampu meningkatkan pelayanan yang optimal.

” Kodim 0611 Garut akan senantiasa berpartisipasi aktif untuk memberikan kontribusi khususnnya kepada warga masyarakat Kabupaten Garut. Saya sampaikan apreasi sebesar – besarnnya kepada Dinas BPPKB, Dinkes Kabupaten Garut serta unsur para medis yang terlibat dalam pelaksanaan program ini,” kayyanya.

Diharapkannya, dengan dilaksanakannnya kegiatan ini menjadi koordinasi seluruh pihak unsur terkait, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan yang positif dan mencapai sasaran yang inginkan. (humas)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI