Siap Jalankan Tugas Hingga Pilpres 2019, Panwascam Wanaraja Lantik Kembali Sembilan Panwaslu Desa

USAI melakukan proses evaluasi terhadap sembilan orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se Kecamatan Wanaraja, belum lama ini komisioner Panitia pengawasan kecamatan (Panwascam) Wanaraja memutuskan kembali untuk melantik seluruh Panwaslu tingkat desa tersebut hingga Pilpres 2019 mendatang.

Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Panwascam Wanaraja ini berdasarkan pada penilaian kinerja para PPL dalam menjaga profesionalisme dan integritasnya. Prosesi pelantikan kedua kalinya tersebut telah digelar di Aula Kecamatan Wanaraja, Garut, Sabtu (3/03/2018). Saat itu seluruh PPL kembali diambil sumpah untuk menjalankan fungsi pengawasan hingga Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019.


Dalam sambutanya, Ketua Panwaslu Kecamatan Wanaraja, Asep Burhanudin S.Pd.I menegaskan beberapa poin penting terkait upaya peningkatan kualitas Panwaslu Desa. Dikatakanya, Panwaslu Desa wajib menjaga profesionalisme, integritas, independensi, netralitas serta terhindar dari praktik KKN.

Ditambahkannya, dalam menjalankan proses pengawasan, baik Pilkada, Pemilu legislatif maupun Pilpres 2019 nanti Panwaslu tingkat desa harus menjungjung tinggi peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

” Ya, saya tegaskan itu menjadi modal penting yang harus dimiliki oleh seorang Panwaslu, guna terlaksananya Pemilu yang jurdil dan berkualitas. Tidak main-main, saya tekankan kepada seluruh anggota Panwaslu Desa untuk patuh terhadap regulasi dengan bekerja cermat, jujur, adil serta mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Apabila dikemudian hari saya dapati ada diantara Panwaslu Desa yang melanggar sumpah jabat atau fakta integritas, maka siap-siap saja sanksi akan kami (Panwascam) jatuhkan. Baik berupa sanksi moril, materil dan atau pidana sesuai peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Diharapkannya, seluruh PPL yang pada tahapan Pilpres berganti titel menjadi Panwaslu Desa, dapat membayar kepercayaan yang telah diberikanya dengan menunjukan kinerja yang lebih baik.

Usai acara pelantikan yang dihadiri oleh Forkopim, unsur TNI, POLRI, alim ulama, perwakilan parpol dan sejumlah tokoh masyarakat tingkat Kecamatan Wanaraja, seluruh Panwaslu Desa selama satu jam penuh langsung dibekali pendalaman materi dalam rangka menyukseskan 3 pesta penting, yakni Pilkada serentak 2018,3 Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Sementara itu. salah seorang Panwaslu Desa, Sopian, dengan meyakinkan menyatakan kesiapannya untuk bertugas mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak hingga Pilpres 2019.

Menurutnya, perpanjangan masa jabat hingga setahun kedepan, adalah sebuah kepercayaan yang sepatutnya dibalas dengan dedikasi dan kinerja yang berlandaskan pada regulasi.

” Intinya, saya dan seluruh Panwaslu Desa lainya siap menjalankan mandat ini. Setiap tahapanya akan kita awasi sesuai Undang undang yang berlaku. Jadi, khusus untuk seluruh wilayah yang menjadi area tugas 9 Panwaslu Desa se Kecamatan Wanaraja ini, maaf maaf jika terdapat pelangaran Pemilu, baik bersipat temuan ataupun pelaporan, ya sudah pasti kita tindak,” tandas pengawas paling senior itu. (Doni Melody)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI