Siap Berkhidmat untuk Umat, DT Peduli Buka Kantor Cabang Baru di Garut

Pentas Marawis mewarnai peresmian kantor Cabang DT Peduli di Ruko Gold Land Estate Blok A 3, Jalan Karacak, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (08/08/2018)/ foto: kang Cep/GE.***

GARUT,(GE).- Daarut Tauhid (DT) Peduli adalah sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) dan merupakan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang penghimpunan (Fundraising) dan pendayagunaan dana zakat, Infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWA).

Didirikan 16 Juni 1999 oleh ulama kharismatik KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym sebagai bagian dari Yayasan Daarut Tauhid dengan tekad menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang amanah, profesional dan jujur berlandaskan Ukhuwah Islamiyah.

Sebelumnya, DT Peduli bernama DPU DT (Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid), dengan berbagai pertimbangan, baru-baru ini DPU DT di-rebranding menjadi DT Peduli. Menurut pengelelola DT Peduli wilayah Priangan Timur, Cabang Garut, Ustadz Jajang Nurjaman, perubahan brand itu untuk memudahkan masyarakat mengingatnya, pasalnya selama ini DPU (Dompet Peduli Umat) Daarut Tauhid (DT) kerap tertukar dengan DPU (Dinas pekerjaan Umum). Untuk semakin memeprmudah pelayanan, DT Peduli membuka kantor cabang baru di kawasan perkotaan Garut yang cukup strategis.


“Ya, dirubah dari DPU DT menjadi DT Peduli, itu hanya untuk memudahkan saja mengingatnya. Selama ini kan suka tertukar dengan Dinas Pekerjaan Umum. Pada dasarnya, DPU DT dengan DT Peduli sama saja dengan DPU DT, hanya rebranding saja. Dengan dibukannya kantor baru ini, saya berharap lebih mendekatkan dan memudahkan masyarakat untuk mendonasikan sebagian hartanya. In Shaa Alloh, kami (DT Peduli) akan terus berupaya berkhidmat untuk umat,” ungkap Ustadz Jajang, disela-sela peresmian kantor DT Peduli Branch Garut di Ruko Gold Land Estate Blok A 3, Jalan Karacak, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (08/08/2018).

Ustadz Jajang menjelaskan, DT Peduli terus berikhtiar menguatkan kesadaran masyarakat terhadap zakat, DT Peduli juga berusaha menyalurkan dana yang sudah diterima kepada mereka yang benar-benar berhak, dan berusaha mengubah nasib kaum mustahik menjadi muzaki atau mereka yang sebelumnya menerima zakat menjadi pemberi zakat.

Kiprah DT Peduli juga telah mendapat perhatian pemerintah, sehingga ditetapkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) sesuai dengan SK Menteri Agama no 257 tahun 2016 pada tanggal 11 Juni 2016. Sebelumnya sejak tahun 2004 telah menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional dengan nomor SK 410 Tahun 2004.

“Sejak tahun 2004, DT Peduli mengembangkan konsep penyaluran dana zakat bergulir berkesinambungan, untuk para penerima zakat, agar suatu saat dapat meningkatkan taraf hidupnya dan mampu berubah dari penerima zakat menjadi pemberi zakat. Lembaga tidak hanya memberi ikannya saja, melainkan juga memberi kailnya. Dengan harapan mereka bisa terus berusaha dan meningkatkan taraf hidupnya. Oleh karena itu, saat ini peningkatan kekuatan ekonomi dan pembelajaran bagi masyarakat merupakan salah satu yang kita prioritaskan,” ungkapnya.

Selain peresmian kantor DT Peduli Cabang Garut yang dihadiri langsung Direktur Utama DT  Peduli, H. Herman, pada saat bersamaan juga diresmikan program Program Berasiswa Prestatif. Untuk tahun ini (2018) Program Beasiswa Prestatif telah menyelenggarakan seleksi, dari hasil seleksi tersebut terjaring 65 pelajar setingkat SMA se Kabupaten Garut yang akan mendapatkan beasiswa.

“Alhamdulillah, disamping meresmikan kantor Cabang DT Peduli, hari ini juga kita secara resmi mengukungkan 65 pelajar setingkat SMA yang telah lolos tahapan seleksi sehingga akan mendapatkan beasiswa,” jelasnya.

Menurutnya, para pelajar yang telah dinyatakan lolos tersebut, selain mendapatkan beasiswa juga akan mendapatkan pembinaan intensif dari DT Peduli. Diharapkan, para pelajar yang mendapatkan beasiswa akan menjadi manusia unggul dan bermanfaat untuk umat.

“Alhamdulillah, selain mendapatkan beasiswa para pelajar juga nantinya akan mendapatkan pembinaan intensif, mulai dari pembinaan akhlak dan keilmuan agama (Islam) dan kita kuatkan visi dakwah Islamnya. Dalam kesempatan ini juga, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih, jazakalloh khairan jaza, khusus kepada donatur kita, bapak H.Roni yang telah menginfakan tempat ini (ruko) untuk dijadikan kantor DT Peduli,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait semakin dekatnya momen Idul Adha, DT Peduli juga siap melayani masyarakat, khususnya kaum Muslimin yang hendak menitipkan hewan kurbannya. DT Peduli siap menyalurkan hewan kurban kepada warga yang benar-benar membutuhkannya.

“In shaa Alloh, kami (DT Peduli) juga siap menerima titipan hewan kurban dan kita akan distribusikan kepada masyarakat yang benar-benar berhak. Dismaping itu, terkait bencana gempa bumi di Lombok NTB, kita juga membuka dompet donasi dan siap mendistribusikan donasi dari masyarakat untuk saudara kita yang terkena musibah di sana. Mungkin untuk jelasnya, khusus untuk warga Garut bisa menghubungi atau berkonsultasi langsung dengan kami (DT Peduli), di kantor cabang (Garut)  yang baru sehingga semuanya bisa dijelaskan,” pungkasnya. (ER).***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI