Siaga Awasi Pemilukada, Panwaslu Kabupaten Gelar Rakor Bagi Panwaslu Desa se Kabupaten Garut

GARUT, (GE).- Demi meningkatkan kualitas pengawasan jelang Pilkada serentak 27 Juni mendatang, Panwaslu Kabupaten Garut gelar Rakor bagi seluruh Panwaslu Desa dan Kelurahan di Grand Hotel Kamojang, Kamis (21/6/2018).

Beberapa materi penting pada giat ini disampaikan jajaran komisioner Panwaslu Kabupaten Garut tentang tehnis pengawasan berdasar pada Perbawaslu serta melaksanakan titah Undang -undang Nomor 10 tahun 2016.

“Pada Rakor yang kita digelar jelang masa tenang ini, ada beberapa poin perihal teknis pengawasan yang kita tekankan kepada seluruh Panwaslu Desa dan Kelurahan” ungkap ketua  Panwaslu Kabupaten Garut, Asep Burhanudin, S.Ag.,MM.,MH.


Jelang masa tenang yang akan dimulai pada tanggal 24 Juni nanti, ditegaskannya, ritme pengawasan dituntut berjalan lebih intens. Karena, menurutnya, pada moment itu berbagai indikasi tindak pelanggaran Pemilu lebih rawan terjadi.

“Jadi, saya tegaskan tidak ada istilah masa tenang bagi jajaran pengawas Pemilu. Justru disaat inilah seluruh jajaran pengawas dari seluruh tingkatan harus lebih bersiaga dan meningkatkan teknis pengawasannya. Disamping itu, saya juga mengimbau kepada seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa agar membina dengan benar seluruh Pengawas TPS saat melakukan fungsi pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Intinya sederhana saja, agar seluruh jajaran pengawas melaksanakan fungsi pengawasannya seirama dengan regulasi baik Perbawaslu maupun Undang-undang Pemilu.” urainya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 442 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) dan juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu Provinsi Jawa Barat ini, ditanggapi positif oleh seluruh Peserta yang hadir.

Dadan Farid, salah seorang PPL dari Desa Citangtu Kecamatan Pangatikan, menyebut gelar Rakor ini sangatlah bermanfaat. Beragam materi yang disuguhkan, Kata Dadan, sangat berguna untuk mematangkan kesiagaan pengawas, terutama pengawas ditingkat TPS.

“Pencerahan yang kami terima, sangatlah memompa sepirit dan semangat kami jajaran Panwas ditingkat Desa. Sudah pasti, hal ini akan kami terapkan guna tercapainya pemilu yang jujur dan berkeadilan” ungkapnya. (Doni – Hendra/GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI