Setelah Lolos Tes Tulis, Ratusan Peserta Calon Panwascam Bersiap Jalani Tes Wawancara

Asep Burhanudin, S.Ag.,MM.,MH., Ketua kelompok kerja pembentukan Panwascam se-Kabupaten Garut.

GARUT, (GE).- Setelah lolos dalam tes tulis yang berlangsung pada hari Rabu (11/10/17), para peserta calon Panwascam Kabupaten Garut yang berjumlah 265 orang  bersiap menjalani tes akhir, berupa tes wawancara. Jadwal tes wawancara sendiri telah diberitahukan panitia melalui pesan singkat  (SMS).

Pemberitahuan tes wawancara sendiri telah disampaikan panitia, dalam hal ini Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Garut, sekira pukul 15.00 WIB, Senin (16/10/17).

Ketua kelompok kerja pembentukan Panwascam se-Kabupaten Garut, Asep Burhanudin, S.Ag.,MM.,MH., mengatakan, semua calon panwascam yang sudah lolos dalam tahap seleksi administrasi dan tes tulis, harus siap menjalani tes berikutnya yaitu tes wawancara.


“Tes wawancara akan mulai dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2017. Tetapi, sesuai isi dalam pemberitahuan, tes wawancara akan dilaksanakan selama 5 hari, dan dimulai pada hari selasa,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tes wawancara ini tidak langsung selesai dalam satu hari. Untuk hari pertama, puluhan calon yang berasal dari 9 kecamatan akan menempuh tes tersebut. yaitu peserta yang berasal dari Kecamatan Sukawening, Wanaraja, Sucinaraja, Pangatikan, Pasirwangi, Cilawu, Samarang, Karangpwitan dan Kecamatan Garut Kota.

“Sementara itu, jadwal untuk peserta tes yang lain, sudah tertera dalam pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Panwaskab,” tuturnya.

Untuk tempat pelaksanaan tes wawancara sendiri akan digelar di gedung sekretariat Panwaskab Garut. Mengenai mekanisme tes wawancara, Asep mengatakan, semua peserta akan dites wawancara oleh tiga orang komisioner Panwaskab.

Masih menurut Asep, selain mengikuti tes wawancara, peserta juga wajib membawa surat keterangan bebas narkoba dari BNN dan surat keterangan sehat rohani dari rumah sakit.

“Semua calon Panwascam itu harus faham tentang penyelenggaraan dan sistem pengawasan dalam pemilu. Karena soal dalam tes wawancara nanti pastinya tentang seputar pemilu,” katanya.

Disinggung terkait perbedaan kouta peserta yang lolos dalam tes tulis, Asep menjawab bahwa ada sebagian peserta dalam satu kecamatan yang nilai tes tulisnya sama. Sehingga jumlah peserta yang lolos dalam tes tulis kemarin ada yang lebih dari 6 orang.

“Setelah menjalani tes wawancara, nantinya akan tersaring tiga orang calon Panwascam yang dianggap layak dan mendapatkan nilai terbaik,” pungkasnya. (Useu G Ramdani)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI