Setelah Diperiksa Polisi, Giliran Inspektorat Panggil Kadisdukcapil

GARUT, (GE).- Pascaoperasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Polres Garut, lalu di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Senin (06/02/2017) lalu, pengembangan kasus ini terus berlanjut.

Setelah Tim penyidik Polres Garut memanggil belasan saksi, kini giliran Inspektorat selaku lembaga yang mengawasi kinerja para pegawai di lingkungan pemerintahan segera memanggil Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Menurut Kepala Inspektorat Kabupaten Garut, Widiana, sejauh ini pihaknya telah menerima laporan tertulis dari Kadisdukcapil, yang menjelaskan tentang kasus dugaan pungli ini.


“Sudah kita peroleh laporan dari yang bersangkutan (Kadisdukcapil), laporan tersebut berupa laporan tertulis,” ungkap, Widiana, kepada “GE,” Jumat (10/2/2017).

Widiana mengatakan, laporan saja belum cukup untuk menindaklanjuti kasus ini, harus ada kesaksian langsung dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan beberapa saksi lainnya.

“Laporan tertulis saja tidak akan cukup. Kami ingin beliau (Kadisdukcapil) menjelaskan langsung kepada kami, yang terjadi sebenarnya,” tandasnya.

Dijelaskannya, pihaknya akan segera memanggil yang bersangkutan untuk dimintai kesaksiannya terkait kasus dugaan pungutan liar untuk biaya administrasi pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan E-KTP ini.

“Kami secepatnya akan panggil Kepala Disdukcapil, untuk dimintai keterangan, belum ada waktu yang pasti, karena yang bersangkutan sedang dimintai keterangan oleh tim penyidik Polres Garut, secara hukum. Sedangkan kami akan menyikapinya secara kedinasan,” tegaasnya. (Hakim)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI