Seribu Warga Miskin di Garsel Terima Dana Program Kemensos, Rp 2 Juta Per Orang

GARUT,(GE).- Baru-baru ini Kementrian Sosial (Kemensos) menggulirkan program bantuan pemberdayaan masyarakat tahun anggaran 2016. Dengan adanya program ini, ada seribu orang warga terkatagori kurang mampu (miskin) di wilayah pesisir pantai Garut selatan (Garsel), tepatnya di Kecamatan Cibalong dan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat menerima bantuan ini. Bantuan pemberdayaan masyarakat tersebut sebesar Rp 2 juta per orang.

“Di Garut baru pertama kali di tahun anggaran 2016 ini. mendapatkan program untuk pemberdayaan masyarakat pesisir dari Kemensos,” kata Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Elka Nurhakimah, Jumat (27/1/2017).

Dijelaskannya, program pemberdayaan masyarakat pesisir itu merupakan program Kementerian Sosial yang sudah diberikan kepada masyarakat pada Desember 2016. Pemerintah Kabupaten Garut sendiri hanya daerah penerima manfaat yang bertugas melakukan pendataan dan memverfikasi warga yang layak menerima program itu.


“Data seluruhnya seribu orang, kami di sini hanya mendata dan memverfikasi, dananya dari Kemensos,” katanya.

Kata Hj.Elka, program pemberdayaan masyarakat pesisir pantai itu sementara hanya diberikan untuk dua kecamatan, yakni Cibalong dan Caringin. Sementara, warga yang belum menerima manfaat program, akan diusulkan kembali kepada Kemensos.

“Baru pertama di Garut tahun 2016 dapat program itu, 2017 kita tidak dapat, padahal masih membutuhkan, mudahan tahun berikutnya dapat lagi,” tukasnya.

Dijelaskannya, program pemberdayaan masyarakat pesisir pantai bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat, khususnya warga yang terkatagori miskin. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI