Seribu Lebih Mahasiswa Baru Uniga Dikukuhkan

GARUT, (GE).- Melalui sidang senat terbuka Universitas Garut (Uniga), 1.431 calon mahasiswa baru secara resmi dikukuhkan menjadi mahasiswa, Sabtu (16/9/2017) di halaman Kampus Uniga, Jalan Samarang. 52 A, Tarogong Garut. Hadir Bupati Garut diwakili Asda 1 Drs. Didit Fajar Putradi, dan seluruh Civitas Akademika Uniga.

Abar, Humas Uniga menuturkan, ini salah satu rangkaian penerimaan mahasiswa baru yang akan digelar selama 3 hari, yang dimulai hari Sabtu-Senin (16-18/9/2017).
Hari pertama, lanjut Abar, dipusatkan di kampus utama, selanjutnya diserahkan ke fakultas masing-masing intuk melanjutkan prosses oreantasi pengenalan kamus.

“Peneriman Mahasiswa Baru sudah merupakan Agenda Rutin Universitas Garut meskipun Sebelumnya tidak seperti ini, hanya di lakukan penerimaan secara simbolis. Acara seperti ini sudah di lakukan 2 kali setiap tahun penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan melalui acara sidang senat terbuka, seperti halnya acara wisuda,” ungkap Abar.


Pihaknya berharap, dengan kegiatan seperti ini akan semangkin mempererat jalinan silaturahami siswa antar fakuktas, serta semangat cinta almamater serta kebersamaan dalam sebuah perbedaan tentunya meskipun beda fakuktas namun satu almamater Uniga.

Sementara, Rektor Uniga, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, mengatakan, acara ini lebih kepada pengenalan, lingkungan kampus.

“Lingkungan kampus akan berbeda dengan lingkungan sekolah, jadi para mahasiswa diutamakan kemandirian, selain itu Mahasiswa baru juga akan diperkenalkan program Unggulan Seprti Pendidikan Bela Negara (PBN) serta KKN Tematik terintegrasi mahasiswa dari semua fakultas digabung untuk melaksanakan agenda akademik KKN di berbagai desa yang tersebar di Kabupaten Garut, hal ini untuk menumbuhkan rasa kebersamaan serta membberikankontribusi kepada wilayah desa denganlintas keilmuan,” katanya, usai mengisi materi di hadapan para mahasiswa baru.

Saat disinggung tentang dilaksanakanya pendidikan Bela Negara, rektor Uniga mengungkapkan Pendidikan karakter perlu ditingkatkan lagi. Karena selama ini pendidikan karakter terkesan dikesampingkan, dan pendidikan karakter tersebut perlu perhatian semua pihak.

“Saat ini pendidikan karakter dikesampingkan kita lebih perhatian pada pendidikan pengetahuan sehingga sebagai ilmu bukan aplikasi. Nah ini yang menjadi perhatian kita semua pendidikan karakter itu perlu ditingkatkan,” Ungkapnya. Masih menurut Syakur, para mahasiswa baru mulai belajar di kampus minggu depan.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa baru lebih mengenal lingkungan kampus, Uniga selain memiliki kampus utama di Jalan Samarang Hampor Uniga juga memiliki dua kampus di dua tempat yang berbeda yaitu di Jalan Jati dan Jalan Cimanuk Simpang Lima, ada kampus di Hampor dan Jati,” pungkasnya.

Selain Kegiatan Sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan mahasisiwa baru UNIGA, dilakukan juga pemberian beberapa penghargaan bagi para mahasiswa berprestasi diantaranya dalam bidang akademik dan non akademik seperti penghargaan kepada para atlet asal uniga yang berhahsil merih medali di arena Sea Games 2017, Penghargaan kepada para mahasiswa yang melaksanakan KKN serta Penghargaan Karya Ilmiah lainya.(Adv.)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI