Selama 4 Bulan Honor Belum Dibayar, Sejumlah Guru di SMPN 1 Caringin Kebingungan

Suasana di kampus SMPN 1 Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, saat berlasungnya jam belajar, Jumat (12/01/2018)/ foto: Deni Permana/ GE.

GARUT,(GE).- Sejumlah Guru honor di SMPN 1 Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut mengeluh. Keluhan para tenaga pengajar berstatus honoren tersebut dipicu oleh belum cairnya honor mereka dalam 4 bulan terakhir.

Mereka (para guru nonorer) mengaku kebingunan, karena nonor tersebut selama ini sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akibat belum cairnya honor tersebut mereka terpaksa harus pinjam sana sini untuk membiayai oprasional ke sekolah.

“Saya merasa heran, kenapa sudah 4 bulan terakhir ini gajih untuk guru honor di SAMPN 1 Caringin belum dibayar. Padahal dana BOS kan sudah cair,” ujar salah seorang guru yang enggan menyebutkan namanya, Jumat (12/1/2018)


Diungkapkannya, honor guru honorer di SMPN 1 Caringin yang belum dibayarkan tersebut diantaranya bulan September, Oktober, November, Desember (2017).

“Saya juga sempat bertanya kepada kepala sekolah (SMPN 1 Caringin) katanya dana BOS sudah dicairkan, namun untuk gaji honor belum bisa dibayar dengan alasan uangnya kurang. Saya bingung kok bisa kurang. Emang kurang kenapa ini kan harus jelas. Kalau ini terus berlanjut saya kira akan berdampak terhadap KBM, dan bukan tidak mungkin para guru honor akan memilih tidak mengajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 1 Caringin, Asep Oop, membenarkan jika gaji untuk para guru honorer belum bisa dibayarkan karena sesuatu hal.

” Memang benar, sebanyak 18 orang guru honor di SMPN 1 Caringin gajinya mengalaami keterlambatan upah (honorarium). Namun kami sudah berunding dengan kepala sekolah, in sya Allah minggu depan upaah mereka akan dibayarkan,” katanya. (Deni Permana)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI